Mumpung Telur Murah, Masak Telur Jadi 5 Olahan Enak dan Tahan Lama Ini

Devi Setya - detikFood
Kamis, 23 Sep 2021 16:30 WIB
Mumpung Telur Murah, Masak Telur Jadi 5 Olahan Enak dan Tahan Lama Ini
Foto: Getty Images/iStockphoto/sri widyowati

2. Telur asin


Selain dibuat dengan telur bebek, telur asin juga bisa dibuat menggunakan telur ayam. Untuk membuatnya juga tidak sulit dan kamu bisa mengolahnya di rumah.

Langkah pertama untuk membuat telur asin yakni cuci bersih 10-30 butir telur lalu keringkan. Kemudian, gosok permukaan telur dengan amplas agar pori-pori telur terbuka. Sehingga, campuran untuk mengasinkan telur bisa meresap.

Lalu buat campuran abu gosok atau bubuk batu bata merah dan garam dapur dengan perbandingan 1:1. Tambahkan air, lalu aduk hingga menjadi seperti pasta. Balur pasta ini pada permukaan telur dan simpan telur selama 15-20 hari.

Bersihkan pasta abu gosok sebelum mengolah telur asin ini. Telur asin dari telur ayam juga tak kalah enak disantap sebagai lauk. Tips dan resep telur asin bisa dilihat di sini.

Mumpung Telur Murah, Masak Telur Jadi 5 Olahan Enak dan Tahan Lama IniMumpung Telur Murah, Masak Telur Jadi 5 Olahan Enak dan Tahan Lama Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/sri widyowati

3. Telur pindang


Telur pindang biasanya dijadikan pelengkap pada sajian gudeg. Rasanya gurih manis dengan tampilan telur berwarna cokelat gelap.

Untuk membuat telur pindang kamu bisa merebus telur dengan beragam bumbu dan rempah seperti garam, kecap manis, kulit bawang merah, daun salam, daun jati dan berbagai rempah lainnya.

Telur direbus dalam waktu lama sehingga bumbunya meresap sempurna. Telur pindang ini bisa disimpan dalam lemari es selama 2 minggu. Pastikan untuk menyimpan dalam wadah tertutup rapat.



Simak Video "Icip-icip Bakso Ikan Telur Asin Ahan Khas Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]