Mumpung Telur Murah, Masak Telur Jadi 5 Olahan Enak dan Tahan Lama Ini

Devi Setya - detikFood Kamis, 23 Sep 2021 16:30 WIB
Mumpung Telur Murah, Masak Telur Jadi 5 Olahan Enak dan Tahan Lama Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/sri widyowati
Jakarta -

Mumpung harga telur ayam sedang murah, kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai makanan enak. Ada pindang telur hingga rendang telur kering khas Minang.

Di Jabodetabek, harga telur sedang anjlok. Rata-rata perkilogram telur dibanderol Rp 18 ribuan. Padahal sebelumnya harga telur mencapai Rp 23 ribu per kilogram.

Kamu bisa memanfaatkan harga telur yang murah ini untuk membuat berbagai makanan. Ada banyak olahan makanan berbahan dasar telur yang bisa dibuat sebagai stok makanan karena memiliki waktu simpan yang lama.

Ada telur asin, pindang telur hingga telur rendang kering khas Minang yang rasanya juara. Jika disimpan dengan benar maka makanan olahan telur ini bisa bertahan hingga 3 minggu.

Berikut beberapa makanan olahan telur yang bisa dibuat dan tahan lama:


1. Telur rebus


Olahan telur paling sederhana yang bisa disimpan lama adalah telur rebus. Kamu bisa merebus telur dalam jumlah banyak sekaligus lalu menyimpannya dalam wadah kedap udara di dalam lemari es.

Selain mudah dibuat, telur rebus ini juga praktis saat akan digunakan. Stok telur rebus bisa diolah lagi menjadi masakan seperti telur balado, semur telur ataupun dijadikan pelengkap ketika makan mie instan.

Sebelum menjadikan telur rebus sebagai stok makanan, kamu harus memastikan kalau telur sudah dicuci bersih sebelum direbus agar bakteri di permukaan kulit telur hilang. Lalu pastikan juga kamu merebus telur hingga benar-benar matang, karena telur setengah matang tidak akan bisa disimpan lama.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Telur Asin Kini Jadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com