Pensiun Jadi Manajer, Pria Ini Dedikasikan Hidupnya Jadi Donatur Makanan

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 23 Sep 2021 15:30 WIB
Pensiun Jadi Manajer, Pria Ini Dedikasikan Hidupnya Jadi Donatur Makanan Foto: The Star
Jakarta -

Banyak orang yang setelah pensiun sibuk memutar otak untuk tetap berpenghasilan. Namun pria ini justru dedikasikan hidupnya untuk jadi donatur makanan.

Bekerja di sebuah perusahaan ada batas usia pensiun yang ditetapkan untuk para pekerja, bergantung dengan kebijakan masing-masing perusahaan. Masa pensiun tersebut diberikan agar para mantan pekerja bisa menikmati hari tuanya tanpa masih sibuk bekerja.

Tetapi banyak mantan pekerja yang sesaat setelah pensiun justru berhasil menciptakan bisnis baru untuk tetap mendapatkan penghasilan. Tetapi seorang mantan manajer yang satu ini justru dedikasikan segala penghasilan yang didapatkan dari masa kerjanya.

Keputusannya ini ternyata disambut baik oleh keluarganya. Bahkan istrinya membantu untuk menyukseskan keinginan mulia suaminya.

donasi makananFoto: istimewa

Mengutip The Star (20/9), seorang mantan manajer di salah satu perusahaan elektronik memutuskan untuk pensiun di usianya yang ke 60 tahun pada tahun 2008 lalu. Namun sejak memutuskan untuk pensiun, Kirnan Palaniappan, memutuskan untuk mendedikasikan dirinya menjadi donatur makanan.

Pada akhir pekan, Kirnan dan istrinya, Manjula, akan pergi ke toko bahan-bahan makanan untuk membeli makanan seperti nasi, sarden, telur, tepung dan gula. Bukan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, bahan-bahan makanan ini ditujukan untuk keluarga-keluarga yang kurang mampu di kawasan Sungai Buloh, Selangor, Malaysia.

"Keluarga yang mendapatkan bantuan ini merupakan 14 keluarga yang yang bekerja sebagai buruh, tukang kebun maupun pemotong rumput. Banyak dari mereka yang juga kehilangan pekerjaannya selama masa pandemi," kata Kirnan mengungkapkan alasan donasi yang dilakukannya.

Baca juga: 5 Aksi Donasi Makanan Gratis di Tengah Pandemi yang Menginspirasi

Melihat kesulitan yang dialami oleh orang-orang di sekitarnya, Kirnan merasa sangat terpukul. Ia merasa saat itu adalah waktu yang tepat untuk dirinya bergerak dan membantu orang-orang sekitar di kawasan Sungai Buloh, Selangor, Malaysia.

"Aku punya lebih banyak waktyu setelah pensiun. Aku kemudian berinisasi bahwa kegiatan menjadi donatur makanan ini akan sedikit mengisi waktu luangku," kata Kirnan.

Sudah lebih dari 16 bulan belakangan ini Kirnan memang disibukkan dengan memberi makan bagi orang-orang yang membutuhkan. Satu bulan yang lalu bahkan Kirnan menyediakan makanan untuk panti asuhan di kawasan Shah Alam yang penghuninya sempat dinyatakan positif Covid-19.

Pensiun Jadi Manajer, Pria Ini Dedikasikan Hidupnya Jadi Donatur MakananPensiun Jadi Manajer, Pria Ini Dedikasikan Hidupnya Jadi Donatur Makanan Foto: The Star

Tak hanya sendiri, Kirnan juga mendapat bantuan dari teman-teman dekatnya yang berada di berbagai negara. Mulai dari teman-teman di Australia, Amerika Serikat hingga Qatar semuanya ikut membantu Kirnan dalam memenuhi kebutuhan makanan yang akan didonasikan.

Ternyata perilaku mulia ini memang sudah ditanamkan oleh orang tua Kirnan sejak dirinya masih kecil. Mengaku belajar banyak dari sang ayah, membuat Kirnan terinspirasi untuk mendedikasikan dirinya untuk membantu orang banyak.

Baca juga: Salut! Dua Pria Tunanetra Ini Bantu Ratusan Pengangguran dan Janda yang Kelaparan



Simak Video "Layanan Katering Haji Ini Bagi-bagi Makanan Gratis untuk Nakes"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com