Kafe 'Hidden Gem'

Meski Letaknya Ngumpet Tetap Jadi Incaran untuk Ngopi dan Ngadem

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 21 Sep 2021 11:30 WIB
Ilustrasi Kafe Hidden Gem Foto: Getty Images/PeopleImages
FOKUS BERITA Kafe 'Hidden Gem'
Jakarta -

Kafe kekinian berbagai konsep sudah biasa. Kini muncul tren 'kafe hidden gem' yang letaknya tak banyak diketahui orang. Tetap jadi favorit buat ngopi dan ngadem.

Jauh sebelum adanya kafe-kafe kekinian, kopi pertama kali dibawa ke Indonesia pada tahun 1696. Tepatnya dibawa oleh Belanda untuk ditanam di pulau Jawa, saat itu benih kopi Arabika yang pertama kali ada di Indonesia.

Meski sempat gagal beberapa kali karena iklim Indonesia yang tak menentu, tapi kopi akhirnya berhasil tumbuh di Indonesia. Selama lebih dari ratusan tahun, kopi terus berevolusi menjadi satu minuman merakyat, yang bisa dinikmati semua kalangan.

Popularitas kopi di Indonesia juga tak lepas dari peran bermunculannya warung kopi, atau kedai kopi sederhana. Salah satunya adalah Warung Tinggi Tek Sunho, warung kopi ini merupakan kedai kopi tertua di Indonesia, yang pertama kali dibuka di tahun 1878 di daerah Jakarta Barat.

Ilustrasi Kafe Hidden GemIlustrasi Kafe Hidden Gem Foto: Getty Images/PeopleImages

Baca Juga: 5 Kafe Hidden Gems yang Instagramable di Jakarta Selatan, Penuh Kejutan!

Tentunya sejak Warung Tek Sunho dibuka, warung kopi semakin berkembang di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, warung kopi mulai berubah konsep menjadi kafe yang nyaman hingga muncul kafe-kafe kekinian yang jumlahnya ribuan di Indonesia.

Konsep kafe kekinian menyesuaikan selera anak muda yang menjadi generasi baru penikmat kopi. Racikan kopi lebih dibuat kekinian. Demikian juga desain kafe dibuat lebih kasual, pop, eklektik dan bahkan modern tradisional.

Kini ngopi tak hanya menjadi rutinitas saja, tapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Tak heran kafe-kafe 'hidden gem' ini muncul karena penggemarnya hobi mencari tempat ngopi baru yang masih jarang diketahui banyak orang.

Ilustrasi Kafe Hidden GemIlustrasi Kafe Hidden Gem Foto: Getty Images/PeopleImages

Berbeda dengan kafe mainstream yang memiliki banyak cabang. Kebanyakan kafe-kafe 'hidden gem' ini hanya memiliki satu gerai saja. Lokasinya juga tak selalu ngumpet di dalam gang atau di dalam kebun.

Banyak kafe hidden gem, yang berada di daerah perumahan, di tempat terbuka dengan suasana asri, sampai di pinggir jalan yang jarang dilalui banyak orang.

Konsep serta desain kafe yang dihadirkan juga beragam. Tidak monoton, meski kebanyakan kafe-kafe ini memiliki ukuran yang kecil dan minimalis. Ada kafe yang mengusung konsep industrial.

Kemudian ada juga kafe 'hidden gem', yang memadukan konsep coffee shop kecil di Jepang dengan menu kopi dan cake khas Jepang yang enak.

Ilustrasi Kafe Hidden GemIlustrasi Kafe Hidden Gem Foto: Getty Images/PeopleImages

Kafe-kafe 'hidden gem' ini bisa ditemukan di mana saja, bahkan di daerah Jakarta masih banyak tempat ngopi ngumpet yang wajib dikunjungi para penggemar kopi.

Seperti kafe dengan desain stylish atau kekinian di La Boheme yang ada di Setiabudi. Kemudian ada juga kafe konsep klasik di tengah hiruk pikuk Jakarta Selatan seperti Oeang Kopi.

Di ulasan minggu ini, detikFood akan membahas dan memberikan rekomendasi terbaru seputar kafe-kafe 'hidden gem' yang belum banyak diketahui orang. Mulai dari kafe-kafe dengan konsep gaya Jepang, klasik, asri sampai kafe yang cocok untuk jadi tempat kerja bagi penggemar kopi.

Baca Juga: Adem! 5 Kafe Hidden Gem di Sentul Ini Tawarkan Suasana Alam yang Asri



Simak Video "Nongkrong Kekinian di Ngopi Dulu Biar Ga Salah Paham"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Kafe 'Hidden Gem'

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com