Mulia! Polisi Ini Beri Bantuan Sembako untuk Pedagang Kerupuk Tunanetra

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 17 Sep 2021 15:30 WIB
Mulia! Polisi Ini Beri Bantuan Sembako untuk Pedagang Kerupuk Tunanetra Foto: Instagram/gue_romi
Jakarta -

Berbagi kepada orang yang membutuhkan merupakan perbuatan yang sangat mulia. Seperti polisi satu ini yang membantu penyandang tunanetra yang hidup dalam keterbatasan.

Memiliki penghasilan yang cukup bukan berarti hanya bisa dinikmati oleh diri sendiri. Menyisihkan sedikit harta yang dimiliki untuk membantu orang-orang di sekitar yang membutuhkan dan hidup dalam keterbatasan merupakan perbuatan yang sangat mulia.

Berbagi bisa dilakukan oleh semua orang. Untuk bisa berbagi hanya memerlukan kemauan dan keikhlasan untuk menyisihkan sebagian uang dan kemampuan yang dimiliki guna membantu meringankan orang lain yang lebih membutuhkan.

Hal ini dicontohkan oleh seorang polisi baik hati yang rela membantu salah satu penyandang tunanetra. Bukan tanpa alasan, polisi yang satu ini ternyata sudah mengamati keseharian penyandang tunanetra yang mengetuk hatinya untuk peduli dan membantu.

Mulia! Polisi Ini Beri Bantuan Sembako untuk Pedagang Kerupuk TunanetraMulia! Polisi Ini Beri Bantuan Sembako untuk Pedagang Kerupuk Tunanetra Foto: Instagram/gue_romi

Mengutip melalui akun Instagram @gua_romi (5/9), Romi yang merupakan salah satu anggota kepolisian dari satuan Polda Lampung telah lama mengikuti keseharian seorang pedagang kerupuk tunanetra yang kerap berjualan di perempatan jalan bersama anaknya. Penjual kerupuk yang diketahui bernama ibu Endang ini ternyata hidup dalam keterbatasan berdua dengan anaknya yang masih kecil.

Baca juga: Salut! Dua Pria Tunanetra Ini Bantu Ratusan Pengangguran dan Janda yang Kelaparan

Memiliki keterbatasan penglihatan sejak berusia empat tahun membuat Ibu Endang tidak punya pilihan lain selain berjualan kerupuk untuk memenuhi kebutuhan hidup dirinya dan anaknya. Ditemani dengan seorang anaknya, Ibu Endang tidak pernah menyerah atau bahkan meminta-minta untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal ini yang kemudian membuat Romi terketuk hatinya untuk membantu ibu Endang.

Mulia! Polisi Ini Beri Bantuan Sembako untuk Pedagang Kerupuk TunanetraMulia! Polisi Ini Beri Bantuan Sembako untuk Pedagang Kerupuk Tunanetra Foto: Instagram/gue_romi

Dikonfirmasi oleh detikcom (16/9), rumah yang ditempati ibu Endang juga jauh dari kata layak. Ruangan yang sempit, atap yang bocor saat hujan bahkan kasurnya seringkali kebanjiran jika hujan sedang turun lebat.

"Keuntungan kerupuk yang dijual Ibu Endang hanya Rp 1.000 per kantong kerupuk jika ada yang laku," tulis Romi.

Sekantong beras beserta beberapa bahan makanan lainnya dibawa oleh Romi untuk diberikan kepada Ibu Endang. Tak hanya makanan, Romi juga membantu memberikan berbagai fasilitas dan peralatan rumah yang lebih layak untuk ibu Endang.

Mulia! Polisi Ini Beri Bantuan Sembako untuk Pedagang Kerupuk TunanetraMulia! Polisi Ini Beri Bantuan Sembako untuk Pedagang Kerupuk Tunanetra Foto: Instagram/gue_romi

Aksi mulia yang dilakukan oleh Romi ini bahkan telah disukai oleh lebih dari seribu pengguna Instagram. Banyak sekali para pengguna Instagram yang mendoakan kebaikan untuk Romi atas aksinya yang mulia.

"Keren, pak Pol (Polisi) yang seperti ini tidak mementingkan diri sendiri, berbagi untuk orang lain. Mantap pa Pol," tulis akun @suhriyah1978.

"Semangat mengayomi masyarakat, Pak," tulis akun @rahmawatisaenong.

Baca juga: Jualan Camilan dari Brebes ke Jogja, Tunanetra Ini Bikin Haru Netizen



Simak Video "Layanan Katering Haji Ini Bagi-bagi Makanan Gratis untuk Nakes"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com