Durian Bakar, Cara Baru Makan Durian yang Populer di Thailand

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 15 Sep 2021 16:36 WIB
Durian Bakar Populer di Thailand Foto: Facebook Bangkok Foodie
Jakarta -

Terlalu biasa makan durian langsung dari kulitnya. Ada cara makan durian yang unik dan populer di Thailand yaitu dibakar di atas bara api arang.

Durian adalah buah yang banyak digemari, namun tak jarang juga orang yang menghindarinya. Karena buah dengan cita rasa manis creamy ini memiliki aroma yang menyengat. Aromanya bahkan bisa membuat sebagian orang mual.

Buah dengan kulit berduri ini biasanya disantap secara langsung. Tinggal membuka keratan pada kulitnya dengan bantuan pisau hingga terbelah lalu diambil daging buahnya yang tebal dan disantap.

Selain disantap langsung, ada juga durian yang dijadikan campuran es segar. Banyak juga yang mengolah daging durian menjadi isian pancake ataupun es krim, gelato hingga cake.

Baca Juga: Kocak! Gerai Minuman di Depok Ini Nama dan Logonya Mirip Chatime

Tak hanya itu, durian juga bisa dinikmati dengan cara unik. Lewat video yang dibagikan oleh akun Facebook Bangkok Foodie (10/9), di Bangkok, Thailand durian dibakar di atas api arang sebelum dimakan.

Proses membakarnya juga cukup lama di atas arang sampai seluruh permukaan durian menghitam. Sementara dipanggang di atas bara api, durian dibakar dengan api dari blow troch yang cukup besar hingga seluruh kulitnya kehitaman.

Durian Bakar Populer di ThailandDurian Bakar Populer di Thailand Foto: Facebook Bangkok Foodie

Setelah itu, kulitnya tidak dibelah tetapi dipotong-potong menggunakan pisau dan diambil bagian dalam buahnya. Tampak bagian kulitnya lembek demikian juga buah duriannya. Durian bakar ini tampak laris manis diserbu penikmatnya. Daging buah durian yang sudah legit, menjadi lebih lembut dan sensasinya hangat.

Video buah durian bakar yang diunggah oleh Bangkok Foodie itu viral. Terbukti telah ditonton lebih dari 3,2 juta kali. Komentar netizen juga sangat beragam.

Baca Juga: Mantul! Korean BBQ Murah di Depok Ini Cuma Rp 99 Ribu untuk 4 Orang

"Aku pernah mencoba durian panggang ini dan rasanya cukup enak," ujar netizen.

"Terlihat seperti dihancurkan dari pada untuk dimakan," sahut netizen lain.

Durian Bakar Populer di ThailandDurian Bakar Populer di Thailand Foto: Facebook Bangkok Foodie

Sebelumnya, di TikTok juga ada video viral beberapa orang pria membakar durian yang baru mereka petik. Pria asal Thailand ini mengunggah aksinya membakar durian ke TikTok dengan akun @thumbntk.

Saat itu videonya langsung menarik perhatian netizen dan viral karena telah ditonton 2,4 juta kali. Dalam videonya, proses pemanggangan durian juga diperlihatkan.

Durian itu dibakar sampai gosong kulitnya. Walaupun begitu, bagian dalam buahnya tidak ikut gosong. Melainkan masih berwarna kuning dan tampak legit. Kemudian diberikan topping keju mozarella yang lumer.

Baca Juga: Netizen Ini Eksperimen Bikin Durian Bakar Topping Keju, Kayak Apa Rasanya?



Simak Video "Bikin Laper: Aneka Tom Yum Isi Kepiting-Lobster yang Menggigit"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com