4 Alasan Tempe Bisa Untuk Promosikan Kuliner Nusantara ke Dunia

Riska Fitria - detikFood Kamis, 16 Sep 2021 12:30 WIB
4 Alasan Tempe Bisa Untuk Promosikan Kuliner Nusantara ke Dunia Foto: iStock

3. Tempe Relevan dengan Isu Global

4 Alasan Tempe Bisa Untuk Promosikan Kuliner Nusantara ke Dunia4 Alasan Tempe Bisa Untuk Promosikan Kuliner Nusantara ke Dunia Foto: iStock

Dari sekian banyak kuliner Indonesia, mengapa tempe yang dijadikan sebagai alat promosi kuliner nusantara? Sebelumnya rendah telah lebih dulu mendunia dan banyak disukai orang.

Dr. Driando mengatakan bahwa itu karena tempe relevan dengan isu global. Maksudnya, tempe merupakan makanan yang cocok dimakan dengan kondisi yang dialami secara global.

"Misalnya masalah kesehatan. Orang butuh makan yang menyehatkan, tinggi protein, rendah lemak dan rendah kalori dan itu semua ada di tempe," ujar Dr. Driando.

Selain itu, tempe juga disebut-sebut dapat menurunkan pemanasan global emisi karbon dioksida. Itu karena protein pada tempe 10 kali lipat lebih ramai dari pada protein di daging sapi.

4. Tempe dapat diolah sesuai selera

4 Alasan Tempe Bisa Untuk Promosikan Kuliner Nusantara ke Dunia4 Alasan Tempe Bisa Untuk Promosikan Kuliner Nusantara ke Dunia Foto: iStock

Kini banyak orang yang menjalani pola makan vegan demi kesehatan. Tak jarang tempe dijadikan sebagai menu makan vegan itu terbuat dari bahan nabati. Bahkan banyak orang-orang negeri yang menyetok tempe di rumahnya.

Tempe dapat diolah menjadi berbagai masakan, mulai dari tempe goreng, lodeh tempe, kering tempe, tumis tempe dan lainnya. Menurut Dr. Driando tempe dapat digabungkan dengan hal baru.

"Misalnya kalau orang bisa makan burger, ya bikin aja burger tempe," ujar Dr. Driando.

Baca Juga: Akan Didaftarkan jadi Warisan Budaya UNESCO, Ini 5 Fakta Menarik Tempe

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Masak Masak: Resep Tempe Goreng Ragout"
[Gambas:Video 20detik]

(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com