Unik Banget! Apel Sebesar Mutiara Ini Tumbuh di Cuaca Dingin Ekstrem

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 15 Sep 2021 17:30 WIB
Unik Banget! Apel Sebesar Mutiara Ini Tumbuh di Cuaca Dingin Ekstrem Foto: Reuters
Jakarta -

Jika biasanya apel sebesar kepalan tangan, berbeda dengan apel yang tumbuh di Siberia ini. Bentuknya mungil, hanya sebesar mutiara!

Apel terkenal sebagai buah dengan sejuta manfaat sehat. Bahkan ada pepatah yang mengatakan konsumsi satu apel setiap hari bisa menjauhkan seseorang dari dokter alias terhindar dari penyakit.

Apel yang umum kita kenal adalah yang besarnya seperti satu kepalan tangan. Teksturnya renyah dengan rasa asam manis yang sedikit berbeda pada tiap jenisnya.

Reuters (9/9) mengabarkan ada jenis apel baru yang menyita perhatian. Bentuknya sangat mungil, seperti mutiara. Saking mungilnya, kumpulan apel ini bahkan bisa disimpan di kotak korek api.

Unik Banget! Apel Sebesar Mutiara Ini Tumbuh di Cuaca Dingin EkstremUnik Banget! Apel Sebesar Mutiara Ini Tumbuh di Cuaca Dingin Ekstrem Foto: Reuters

Salah seorang pembudidaya apel ini adalah orang Rusia bernama Nikifor Ivanov. Ia tinggal di Yakutsk, sebuah wilayah di Siberia yang terkenal sangat dingin.

Apel mutiara ini disebut-sebut tahan beku sehingga bisa tumbuh di wilayah dengan cuaca dingin ekstrem seperti Siberia. Suhu dingin di sana bahkan bisa mencapai -60 derajat Celcius!

Mengenai rasanya, apel seukuran mutiara ini tak ubahnya apel biasa. "Teksturnya renyah seperti apel dan rasanya mirip apel. Tapi sedikit asam. Enak," kata Ivanov.

Lantas mengapa ukuran apel ini bisa sangat kecil? Konon ini merupakan bentuk adaptasi tanaman-tanaman lokal di Siberia terhadap cuaca dingin. Secara otomatis, ukuran buah bisa mengecil.

Unik Banget! Apel Sebesar Mutiara Ini Tumbuh di Cuaca Dingin EkstremUnik Banget! Apel Sebesar Mutiara Ini Tumbuh di Cuaca Dingin Ekstrem Foto: Reuters

Baca Juga: 7 Buah Eksotis di Dunia, Banyak yang Populer di Indonesia Lho

Ivanov bilang untuk memanen apel seukuran mutiara ini harus hati-hati. "Kita tidak pernah memanen habis semua apel ini karena melelahkan dan butuh ketelatenan," katanya.

Menurutnya apel ini paling bagus dipanen segenggam tangan saja dan langsung dimakan. "Bisa juga diberikan pada seseorang, atau untuk mengejutkan mereka (surprise)," lanjut Ivanov.

Tantangan lain dalam membudidayakan apel mikro ini adalah burung juga suka memakannya. "Burung-burung memakan apel ini ketika teksturnya menjadi lebih lembek," kata Ivanov.

Unik Banget! Apel Sebesar Mutiara Ini Tumbuh di Cuaca Dingin EkstremUnik Banget! Apel Sebesar Mutiara Ini Tumbuh di Cuaca Dingin Ekstrem Foto: Reuters

Sekilas apel ini juga terlihat seperti ceri. Di pohon, apel ini tumbuh dengan batang tipis yang membuat buahnya menjuntai ke bawah.

Sebelum apel mikro seukuran mutiara ini, beberapa buah di dunia juga diketahui memiliki ukuran yang sangat kecil. Mulai dari lemon, semangka, sampai alpukat!

Baca Juga: Wouw! 8 Buah dan Sayuran Ini Punya Ukuran Super Mini!



Simak Video "Ini Alasan Orang Rusia Suka Makan Permen dari Darah Sapi"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com