7 Buah Eksotis di Dunia, Banyak yang Populer di Indonesia Lho!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 09 Sep 2021 11:30 WIB
7 Buah Eksotis di Dunia, Banyak yang Populer di Indonesia Lho! Foto: Getty Images/iStockphoto/Moonstone Images
Jakarta -

Jenis buah di dunia sangat beragam. Beberapa bahkan dikatakan eksotis karena tak banyak dikenal umum, termasuk buah-buahan yang populer di Indonesia ini. Ada rambutan hingga belimbing!

Buah adalah salah satu bahan makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari. Buah mengandung beragam nutrisi penting untuk tubuh, termasuk vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan.

Mengenai jenisnya, buah memiliki beragam varian di dunia. Buah di sebuah negara belum tentu ada di negara lain dan sebaliknya. Karenanya buah-buahan ini kerap dicap buah eksotis karena tidak dikenal secara umum oleh masyarakat di sebuah negara.

Buah eksotis biasanya juga memiliki tampilan, aroma, maupun rasa yang khas. Tak jarang, beberapa orang ada yang takut hingga ragu untuk mencicipinya.

Sebut saja rambutan yang sangat tidak familiar untuk orang-orang di negara Barat. Tampilannya mungkin mengerikan bagi mereka karena ada 'rambut' di permukaannya.

Insider merangkum jenis-jenis buah eksotis lainnya di dunia. Beberapa di antaranya populer di Indonesia. Yuk! Simak daftarnya:

1. Srikaya

7 Buah Eksotis di Dunia, Banyak yang Populer di Indonesia Lho!7 Buah Eksotis di Dunia, Banyak yang Populer di Indonesia Lho! Foto: Getty Images/iStockphoto/Moonstone Images

Orang Indonesia mengenal buah ini dengan nama srikaya. Sebutan lainnya mencapai 50 nama! Beberapa yang populer adalah 'sugar apple', 'custard apple', dan 'sweetsop'. Srikaya aslinya berasal dari Hindia Barat dan Amerika.

Daging buah ini berwarna putih dengan rasa manis dan tekstur creamy. Orang Barat menyamakannya dengan rasa custard yang manis. Srikaya bisa dimakan langsung begitu saja sebagai camilan, namun pastikan tidak menelan bijinya.

2. Rambutan

7 Buah Eksotis di Dunia, Banyak yang Populer di Indonesia Lho!7 Buah Eksotis di Dunia, Banyak yang Populer di Indonesia Lho! Foto: Getty Images/iStockphoto/Moonstone Images

Rambutan juga tergolong buah eksotis di dunia. Permukaannya yang dipenuhi 'rambut' bisa membuat orang yang baru pertama kali melihatnya akan bergidik. Rambutan ternyata masuk dalam keluarga buah soapberry dan asli Indonesia.

Selain dimakan langsung sebagai buah segar, rambutan juga umum diolah sebagai asinan. Daging buah ini dibumbui dengan campuran cabai, air jeruk nipis, gula, dan garam. Cita rasanya yang asam, manis, dan menyegarkan bikin banyak orang ketagihan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Sirup Buah yang Nyegerin"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com