5 Tips Menghindari Makanan dan Minuman Haram

Devi Setya - detikFood Selasa, 14 Sep 2021 14:30 WIB
Ecological pigs and piglets at the domestic farm, Pigs at factory Foto: Getty Images/iStockphoto/didesign021
Jakarta -

Bagi umat muslim wajib hukumnya makan makanan halal dan menghindari makanan haram. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar terhindar dari makanan maupun minuman haram.

Dalam ajaran Islam ada beberapa makanan dan minuman yang haram dikonsumsi. Sebut saja misalnya daging babi, daging hewan buas serta makanan dan minuman yang mengandung alkohol.

Memang makanan haram jumlahnya tidak terlalu banyak tetapi sebagai muslim harus teliti agar tidak terlanjur mengonsumsi makanan dan minuman haram. Dalam hadits Rasulullah SAW mengatakan untuk meninggalkan hal yang membuat ragu, termasuk makanan.

Dari Abu Muhammad Hasan bin Ali bin Abi Thalib, ia berkata:

Aku hafal (sebuah hadits) dari Rasulullah SAW: "Tinggalkan yang meragukanmu lalu ambillah yang tidak meragukanmu."

Secara umum, maksud hadits ini adalah ketika kita menghadapi sesuatu yang meragukan, maka segera tinggalkan. Kemudian pilih yang meyakinkan hati. Hal ini berlaku juga pada makanan dan minuman yang hendak dikonsumsi.


Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa diperhatikan ketika hendak makan.


1. Hindari tempat makan yang meragukan

Ketika akan makan di luar rumah, pastikan tempat makan yang menjadi tujuan ini jelas menyajikan makanan halal. Hindari tempat makan yang menyajikan masakan yang secara jelas diragukan kehalalannya.

Misalnya tempat makan ini menyajikan menu ayam namun juga menyediakan menu olahan babi ataupun menyediakan minuman beralkohol. Jika ragu, sebelum memesan makanan sebaiknya bertanya lebih dulu.

Beberapa tempat makan yang menyediakan menu babi kerap memberi informasi kepada pengunjung. Jika sudah jelas tempat makan ini menyediakan menu non halal sebaiknya segera berpindah ke tempat makan lain.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "UGM Kembangkan 'Lidah Pendeteksi' Makanan Minuman Halal"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com