5 Alat Dapur yang Tak Boleh Dicuci dengan Baking Soda agar Tetap Awet

Diah Afrilian - detikFood Senin, 13 Sep 2021 15:00 WIB
5 Alat Dapur yang Tak Boleh Dicuci dengan Baking Soda agar Tetap Awet Foto: iStock

4. Peralatan Kayu

Beberapa peralatan di dapur seperti sutil, talenan, piring hingga wadah-wadah dibuat menggunakan kayu. Ternyata untuk membersihkan peralatan yang terbuat dari material kayu ini tidak memerlukan bahan-bahan aktif seperti baking soda untuk membersihkannya.

Peralatan kayu yang dibersihkan dengan menggunakan baking soda justru dikatakan dapat merusak sambungan pada bagian-bagian penyambungnya.
Baking soda juga dinilai dapat merusak kerapatan yang ada pada permukaan kayu sehingga akan sangat mudah untuk membuatnya terkikis serta menjadikan kayu cepat lapuk dan rusak.

Untuk membersihkan peralatan yang terbuat dari kayu, kamu cukup menggunakan sabun pencucui piring biasa dengan menggosoknya secara perlahan dan tidak dengan menggunakan bahan yang kasar. Setelah dicuci atau diberishkan dengan air pastikan peralatan kayu benar-benar kering agar tidak mudah lapuk atau berjamur.

5. Keramik

5 Alat Dapur yang Tak Boleh Dicuci dengan Baking Soda agar Tetap Awet5 Alat Dapur yang Tak Boleh Dicuci dengan Baking Soda agar Tetap Awet Foto: iStock

Piring, mangkuk, hingga kompor yang modern banyak sekali dibuat dengan menggunakan bahan keramik. Sama riskannya seperti marmer dan kaca, keramik sangat tidak disarankan untuk dibersihkan menggunakan baking soda. Terutama pada kompor keramik.

Kompor keramik yang dibersihkan dengan menggunakan baking soda yang bertujuan untuk merontokkan kotorannya dengan mudah merupakan salah satu cara membersihkan yang salah. Kompor keramik yang dibersihkan dengan menggunakan baking soda akan membuatnya menjadi tergores dan tidak lagi mulus.

"Baking soda dapat menggores kompor keramik dengan sangat mudah, hasilnya akan ada seperti bekas berwarna putih yang muncul di permukaannya. Jika tidak sengaja menggunakan baking soda pada kompor keramik, cepat bersihkan dengan cuka," kata Franco.

Baca juga: Supaya Tak Malas, Ini 5 Tips Bersihkan Alat Dapur Setelah Masak

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com