5 Alat Dapur yang Tak Boleh Dicuci dengan Baking Soda agar Tetap Awet

Diah Afrilian - detikFood Senin, 13 Sep 2021 15:00 WIB
5 Alat Dapur yang Tak Boleh Dicuci dengan Baking Soda agar Tetap Awet Foto: iStock

2. Panci atau Wajan Aluminium

Ketahanan bahan aluminium untuk menjaga panas yang merata serta tidak membuat bahan makanan menjadi lengket di atasnya membuat material ini sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan alat masak. Tetapi ternyata material aluminium yang banyak digunakan untuk pembuatan wajan atau panci ni cukup berisiko jika dibersihkan dengan baking soda.

Membersihkan peralatan masak berbahan aluminium dengan baking soda sebenarnya tidak begitu dilarang, hanya saja pastikan untuk benar-benar membilasnya hingga sangat bersih agar tidak ada sisa baking soda yang menempel. Baking soda yang tidak dibersihkan dengan baik ini akan membuat aluminium teroksidasi dengan sangat cepat sehingga warnanya akan mudah berubah menjadi kecokelatan.

"Baking soda dapat membuat bahan aluminium menjadi teroksidasi. Hasilnya aluminium akan berubah warna permukaannya menjadi kecokelatan yang tidak seharusnya," kata Prenter selaku founder Chore Bliss.

3. Meja Marmer

5 Alat Dapur yang Tak Boleh Dicuci dengan Baking Soda agar Tetap Awet5 Alat Dapur yang Tak Boleh Dicuci dengan Baking Soda agar Tetap Awet Foto: iStock

Untuk mendapatkan meja-meja pendukung kegiatan masak yang kuat, bahan marmer banyak dipilih untuk digunakan sebagai bahan pembuat meja dapur. Banyak sekali yang masih salah kaprah dengan cara membersihkan meja marmer yang seringkali menggunakan baking soda untuk merontokkan kotoran yang ada di atasnya. Beberapa tips cara membersihkan rumah juga tak luput dari merekomendasikan cara membersihkan marmer yang salah ini.

Produsen batu yang begitu memahami karakteristik batu marmer justru sangat membenci baking soda yang digunakan ke atas marmer. Senyawa aktif yang terkandung dalam baking soda dikatakan dapat merusak lapisan marmer yang indah ini menjadi penuh goresan hingga membuatnya mudah rapuh dan cepat rusak jika dilakukan dalam jangka panjang.

"Aku menemukan banyak sekali website yang menyarankan untuk membersihkan marmer dengan baking soda, tetapi hal ini berlaku sebaliknya bagi pabrik batu. Mereka akan mengatakan bahwa baking soda yang digunakan untuk membersihkan marmer dalam jangka panjang dapat merusak lapisan marmer itu sendiri," kataPrenter.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com