'Culture Shock' Makanan Daerah yang Paling Bikin Kaget Netizen

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 12 Sep 2021 16:30 WIB
Pisang Peppe, Kreasi Kekinian Pisang Epe Khas Makassar Foto: detikcom
Jakarta -

Culture shock atau perbedaan budaya ternyata juga terjadi pada makanan. Banyak netizen yang kaget dengan makanan lokal yang mereka temui di berbagai daerah.

Istilah 'culture shock' sering digunakan banyak orang ketika menemukan budaya baru atau kebiasaan, yang sebelumnya mereka tidak pernah temukan di tempat mereka berasal.

Perbedaan ini bisa dari kebiasaan orang sehari-hari, sampai pemilihan hingga penyajian makanan yang tentunya jadi topik menarik untuk dibahas. Seperti cuitan yang ditulis oleh pengguna Twitter @ajiwar (08/09).

Di Twitternya, ia menanyakan pengalaman netizen tentang culture shock yang berhubungan dengan makanan. Banyak cerita seru hingga lucu yang membuat netizen terkenang dengan makanan-makanan yang bikin mereka kaget.

Mulai dari penyajian kepiting, ngemil tanah liat dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Netizen Ungkap Beda Cara Makan di India hingga Korea

1. Kaget Makan Kepiting Besar

Yougwa Danau SentaniIlustrasi Kepiting Papua Foto: dok. detikFood

Penggua Twitter @ajiwar, memulai kisah culture shock tentang makanan yang pernah dia alami ketika berada di Biak, Papua.

Saat itu ia disuguhi kepiting dengan ukuran yang sangat besar, anehnya tidak ada alat makan atau bumbu serta saus cocolan sama sekali.

"Waktu di Biak, disuguhi kepiting yang besar. Gak dikasih alat dan bumbu cuma kepiting rebus merah yang gedenya satu piring. Setengah jam nyobain, ngehancurin kulitnya gak bisa-bisa pakai pisau atau meja. Akhirnya diajarin sama orang lokal pakai kepala sendok, dibenturin dikit sampai retak," komen Aji yang kewalahan saat makan kepiting di sana.

2. Makan Camilan dari Tanah Liat

'Culture Shock' Makanan Daerah yang Paling Bikin Kaget Netizen'Culture Shock' Makanan Daerah yang Paling Bikin Kaget Netizen Foto: Twitter

Ada juga pengalaman culture shock yang tak terlupakan dari pengguna Twitter @yondaktahu. Ia bercerita saat itu pernah main ke rumah temannya yang ada di daerah Tuban.

"Di sana disuguhin kopi sama camilan. Ampo nama camilannya. Rasanya enak dan gurih. Awalnya aku kira seperti cokelat. Setelah habis setengah piring, baru tahu ini terbuat 100% dari tanah liat. Ya ampuuun," kenangnya.

"Kalau ada Ampo yang rasanya pedas dan ada sedikit rasa getirnya. Mungkin itu terbuat dari 100% tanah sengketa," candanya yang disukai lebih dari 4,6 ribu pengguna Twitter lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Ngiler! Twitter Diramaikan #NanaChallenge"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com