5 Olahan Babi Enak Asli Indonesia, Ada Se'i dan Bipang Ambawang

Devi Setya - detikFood Minggu, 12 Sep 2021 19:00 WIB
Sei merupakan olahan daging khas dari Nusa Tenggara Timur. Seperti apa sih proses pembuatannya? Lihat yuk. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Ada banyak olahan daging babi enak di berbagai daerah di Indonesia. Ada se'i, bipang ambawang hingga saksang yang sayang dilewatkan karena rasanya enak.

Penikmat daging babi terbilang banyak di Indonesia, khususnya di daerah dengan minoritas Muslim. Bahkan di beberapa daerah ada olahan daging babi khas yang jadi makanan tradisional masyarakat setempat.

Sebut saja misalnya di NTT ada se'i yang jadi makanan khas kebanggaan masyarakat kabupaten Rote Ndao. Sementara bagi masyarakat Batak, mereka punya saksang yang juga hadir ketika perayaan upacara adat.

Olahan daging babi khas Indonesia ini menjadi tanda bahwa kuliner tanah air memang sangat beragam jenisnya. Apa saja olahan daging babi khas Indonesia lainnya?

Berikut beberapa masakan daging babi yang populer di beberapa daerah di Indonesia:

1. Se'i

Sei adalah salah satu makanan khas Nusa Tenggara Timur, tepatnya dari Kabupaten Rote Ndao. Dalam bahasa Rote, kata 'sei' berarti daging yang disayat dalam ukuran kecil dan memanjang.

Secara tradisional, daging yang digunakan adalah daging babi. Daging babi yang sudah disayat kemudian diasap di atas bara api pohon kosambi hingga matang. Olahan babi ini memiliki aroma dan cita rasa yang khas.

Diolah dengan cara diasapi bertujuan agar dagingnya bisa awet. Masyarakat NTT lebih menyukai menggunakan babi liar dibanding babi ternak karena rasanya dinilai lebih enak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bakmi Asap: Bakmi 'Smokey' yang Eksis Sejak 1960-an"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com