5 Fakta Alaskan King Crab, Kepiting Rp 1,2 Juta yang Dimakan Nagita Slavina

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 12 Sep 2021 11:30 WIB
5 Fakta Alaskan King Crab, Kepiting Rp 1,2 Juta yang Dimakan Nagita Slavina Foto: iStock
Jakarta -

Nagita Slavina masak alaskan king crab di rumahnya. Kepiting 'sultan' yang satu ini bahkan dibanderol hingga jutaan rupiah!

Keluarga 'Sultan Andara' begitu identik dengan keluarga Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Sebagai seorang 'sultan' barang-barang hingga bahan makanan mewah berharga fantastis melekat pada keduanya.

Setelah memasak daging premium dengan harga selangit, kali ini ada lagi bahan makanan berharga fantastis yang dimasak Nagita Slavina. Kepiting berukuran raksasa berjenis alaskan king crab menjadi menu selanjutnya yang diolah dan disajikan di 'istana Andara'.

Kepiting berukuran raksasa ini ternyata bukan kepiting sembarangan. Mulai dari habitat hidupnya yang hanya ada di bagian laut tertentu hingga harganya yang mencapai jutaan rupiah.

Berikut ini 5 fakta menarik alaskan king crab:

5 Fakta Alaskan King Crab, Kepiting Rp 1,2 Juta yang Dimakan Nagita Slavina5 Fakta Alaskan King Crab, Kepiting Rp 1,2 Juta yang Dimakan Nagita Slavina Foto: iStock

1. Habitat Asli

Kepiting alaskan king crab dikenal juga sebagai the red king crab. Kepiting raksasa yang satu ini memiliki habitat asli di kawasan Samudra Pasifik Utara.

Sesuai dengan namanya, kepiting ini hanya bisa ditemukan di perairan lepas pantai Alaska. Untuk mendapatkan kepiting jumbo ini di Indonesia tidak ada pilihan lain selain harus mengimpornya dari luar negeri.

Alaskan king crab sendiri memiliki tiga jenis yaitu Kepiting Raja Merah, kepiting Raja Biru dan Kepiting Raja Emas. Hidup di habitat dengan cuaca yang cukup ekstrem membuat banyak nelayan alaskan king crab harus bertaruh nyawa untuk menangkap kepiting tersebut.

Baca juga: Mewah! Sisca Khol 'Jualan' Ropang Isi Kepiting Alaska Rp 500 Juta

2. Ukurannya yang Besar

Dari tiga jenis kepiting alaska yaitu Kepiting Raja Merah, Biru dan Emas salah satunya dinobatkan menjadi kepiting dengan ukuran terbesar. Adalah jenis kepiting Raja Merah yang ukuran tubuhnya bisa mencapai hampir 2 meter.

Rata-rata ukuran dari kepiting raja merah alaska ini dikatakan mampu mencapai lebih dari 1,8 meter ketika capit-capitnya dibentangkan. Ukuran ini hanya ukuran rata-rata kepiting alaska raja merah yang ditemukan dan bukan kepiting alaska terbesar.

Ukuran kepitingalaska yang paling normal memiliki panjang badan hingga lebih dari 1,5 centimeter. Dengan ukuran tubuh yang besar tersebut, seekor kepitingalaska bisa mencapai bobot hingga lebih dari 10 kilogram perekornya.

3. Harganya Fantastis

5 Fakta Alaskan King Crab, Kepiting Rp 1,2 Juta yang Dimakan Nagita Slavina5 Fakta Alaskan King Crab, Kepiting Rp 1,2 Juta yang Dimakan Nagita Slavina Foto: iStock

Hidup di wilayah tertentu, sulit untuk ditangkap hingga ukurannya yang tak biasa membuat alaskan king crab dibanderol dengan harga yang juga cukup tinggi. Harganya yang selangit membuat alaskan king crab hanya bisa disajikan pada restoran-restoran seafood ternama yang mewah dan mahal.

Pasalnya untuk satu kilogram alaskan king crab segar harganya bisa dibanderol mulai dari Rp1 juta hingga Rp1,2 juta. Bahkan beberapa orang yang pernah mencicipinya harus merogoh kocek hingga Rp6 juta untuk menikmati rasa daging kepiting yang tebal dan gurih rasanya.

Salah satu pengguna media sosial yang pernah mencoba alaskan king crab juga sempat membocorkan harga kepiting seberat 2,2 kilogram yang dinikmatinya. Hasilnya pada lembar tagihannya tertulis total harga Rp5,1 juta untuk kepiting alaska saja.

4. Masa Hidup Alaskan King Crab

Untuk memiliki ukuran yang besar juga diperlukan waktu oleh seekor alaskan king crab untuk tumbuh menjadi kepiting berukuran jumbo. Kepiting alaska berjenis raja merah diketahui dapat bertahan hidup hingga puluhan tahun.

Rata-rata waktu hidup kepiting alaska dilaporkan mulai dari 20 tahun hingga mencapai 30 tahun. Untuk bertelur alaskan king crab juga membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Dalam sekali bertelur alaskan king crab memang bisa menghasilkan banyak telur mulai dari 50.000 hingga 500.000 dalam sekali masa reproduksi. Tetapi alaskan king crab butuh waktu mulai dari 11 bulan hingga satu tahun lamanya untuk mengeluarkan telur-telur tersebut dari dalam tubuhnya.

5. Kandungan Nutrisi

5 Fakta Alaskan King Crab, Kepiting Rp 1,2 Juta yang Dimakan Nagita Slavina5 Fakta Alaskan King Crab, Kepiting Rp 1,2 Juta yang Dimakan Nagita Slavina Foto: iStock

Layaknya bahan makanan seafood yang lainnya, alaskan king crab memiliki kandungan nutrisi yang begitu baik. Rendah kalori dan tinggi protein menjadi keunggulan seafood termasuk salah satunya alaskan king crab.

Pada takaran saji sebanyak 134 gram atau setara dengan satu kaki alaskan king crab saja bisa mengandung hingga 25,93 gram protein. Kandungan nutrisinya juga dilengkapi dengan 7,9% kalsium, 1,7% vitamin C hingga 5,6% zat besi.

Dalam daging kepiting alaskan king crab terdapat kadar kalori yang rendah yaitu hanya sekitar 130 kalori. Kandungan lemak trans yang ada pada kepiting berukuran raksasa tersebut juga sangat rendah bahkan hampir tidak ada.

Baca juga: Seharga Mobil Mewah, Ini 5 Kepiting Termahal di Dunia



Simak Video "Apa Kabar Bisnis Kue Artis Kekinian?"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com