5 Fakta Alaskan King Crab, Kepiting Rp 1,2 Juta yang Dimakan Nagita Slavina

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 12 Sep 2021 11:30 WIB
5 Fakta Alaskan King Crab, Kepiting Rp 1,2 Juta yang Dimakan Nagita Slavina Foto: iStock
Jakarta -

Nagita Slavina masak alaskan king crab di rumahnya. Kepiting 'sultan' yang satu ini bahkan dibanderol hingga jutaan rupiah!

Keluarga 'Sultan Andara' begitu identik dengan keluarga Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Sebagai seorang 'sultan' barang-barang hingga bahan makanan mewah berharga fantastis melekat pada keduanya.

Setelah memasak daging premium dengan harga selangit, kali ini ada lagi bahan makanan berharga fantastis yang dimasak Nagita Slavina. Kepiting berukuran raksasa berjenis alaskan king crab menjadi menu selanjutnya yang diolah dan disajikan di 'istana Andara'.

Kepiting berukuran raksasa ini ternyata bukan kepiting sembarangan. Mulai dari habitat hidupnya yang hanya ada di bagian laut tertentu hingga harganya yang mencapai jutaan rupiah.

Berikut ini 5 fakta menarik alaskan king crab:

5 Fakta Alaskan King Crab, Kepiting Rp 1,2 Juta yang Dimakan Nagita Slavina5 Fakta Alaskan King Crab, Kepiting Rp 1,2 Juta yang Dimakan Nagita Slavina Foto: iStock

1. Habitat Asli

Kepiting alaskan king crab dikenal juga sebagai the red king crab. Kepiting raksasa yang satu ini memiliki habitat asli di kawasan Samudra Pasifik Utara.

Sesuai dengan namanya, kepiting ini hanya bisa ditemukan di perairan lepas pantai Alaska. Untuk mendapatkan kepiting jumbo ini di Indonesia tidak ada pilihan lain selain harus mengimpornya dari luar negeri.

Alaskan king crab sendiri memiliki tiga jenis yaitu Kepiting Raja Merah, kepiting Raja Biru dan Kepiting Raja Emas. Hidup di habitat dengan cuaca yang cukup ekstrem membuat banyak nelayan alaskan king crab harus bertaruh nyawa untuk menangkap kepiting tersebut.

Baca juga: Mewah! Sisca Khol 'Jualan' Ropang Isi Kepiting Alaska Rp 500 Juta

2. Ukurannya yang Besar

Dari tiga jenis kepiting alaska yaitu Kepiting Raja Merah, Biru dan Emas salah satunya dinobatkan menjadi kepiting dengan ukuran terbesar. Adalah jenis kepiting Raja Merah yang ukuran tubuhnya bisa mencapai hampir 2 meter.

Rata-rata ukuran dari kepiting raja merah alaska ini dikatakan mampu mencapai lebih dari 1,8 meter ketika capit-capitnya dibentangkan. Ukuran ini hanya ukuran rata-rata kepiting alaska raja merah yang ditemukan dan bukan kepiting alaska terbesar.

Ukuran kepitingalaska yang paling normal memiliki panjang badan hingga lebih dari 1,5 centimeter. Dengan ukuran tubuh yang besar tersebut, seekor kepitingalaska bisa mencapai bobot hingga lebih dari 10 kilogram perekornya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Apa Kabar Bisnis Kue Artis Kekinian?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com