Viral Netizen Korea Bikin Nasi Goreng Campur Mie, Netizen Indonesia: Namanya Mawut

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 10 Sep 2021 17:00 WIB
Viral Netizen Korea Bikin Nasi Goreng Campur Mie, Netizen Indonesia: Namanya Mawut Foto: TikTok @doobydobap
Jakarta -

Video netizen Korea bikin nasi goreng campur mie goreng ini viral di TikTok. Netizen Indonesia lantas membandingkan hidangan ini dengan nasi goreng mawut atau magelangan khas Jogja.

Resep seputar mie instan selalu menarik perhatian netizen di media sosial, termasuk mie instan kemasan yang praktis dan enak. Netizen Korea bernama Tina, melalui akun TikToknya @doobydobap, mengunggah video resep mie instan kemasan.

Ia tidak sekadar menyeduh mie tersebut, melainkan memasaknya sebagai campuran nasi goreng. Saat berita ini ditulis, videonya (29/8/2021), sudah ditonton lebih dari 8,5 juta kali.

Di awal video Tina memperlihatkan tekstur nasi goreng campur mie buatannya yang begitu menggugah selera. Tekstur mie-nya masih renyah, bahkan mengeluarkan suara saat dikunyah. Sang ibu juga menyukai kreasi ini.

Untuk membuatnya, Tina memakai mie instan cup merek Shin Ramyun. Ia mengeluarkan mie dari dalam kemasan dan menumbuknya sampai agak halus.

Setelah itu mie digoreng sebentar di wajan dengan sedikit minyak, sampai warnanya kecokelatan. Kemudian mie dicampurkan bumbu bubuk dari kemasan.

Viral Netizen Korea Bikin Nasi Goreng Campur Mie, Netizen Indonesia: Namanya MawutViral Netizen Korea Bikin Nasi Goreng Campur Mie, Netizen Indonesia: Namanya Mawut Foto: TikTok @doobydobap

Adonan mie disisihkan dan Tina menyiapkan nasi gorengnya. Ia memakai nasi sisa yang kemudian dicampur sebutir telur dan bumbu bubuk mie instan.

Semuanya dicampur rata di mangkuk kemudian dimasak dengan mentega dan minyak di wajan. Terakhir, adonan mie goreng yang sudah jadi tadi dicampurkan ke dalam nasi goreng.

Supaya tampilannya makin cantik, Tina mencetak nasi goreng campur mie ini di dalam cup bekas mie. Ia juga membumbuinya dengan minyak wijen dan biji wijen yang sudah ditaruh di bagian bawah cup.

Video nasi goreng campur mie ini sukses membuat banyak netizen ngiler. Banyak yang terinspirasi untuk mencobanya. "Aku mau coba pakai ramen Jepang," kata seorang netizen.

Viral Netizen Korea Bikin Nasi Goreng Campur Mie, Netizen Indonesia: Namanya MawutViral Netizen Korea Bikin Nasi Goreng Campur Mie, Netizen Indonesia: Namanya Mawut Foto: TikTok @doobydobap

"Hidangan ini adalah impian yang jadi nyata. Nasi goreng dan mie instan, yaampun!" sahut seorang netizen. Ada juga yang bilang kalau kreasi Tina benar-benar enak.

"Saya sudah mencobanya dan ini sangat enak!!! Kamu tidak perlu menggunakan Cup Noodle, saya pakai yang lain dan rasanya sangat enak," kata seorang netizen.

Komentar lain yang menarik perhatian datang dari netizen Indonesia. Mereka merasa tak asing dengan kreasi ini.

"Di Indonesia, kita menyebutnya "mawut" atau "magelangan,"" kata seorang netizen. Ada juga yang menyahut, "Nasi goreng mawut iki mba."

Nasi goreng mawut adalah makanan khas Jogja. Dibuat dari paduan nasi, mie, bihun, dan bahkan sayuran yang bakal bikin kenyang.

Nasi goreng mawut bisa dinikmati kapan saja, termasuk saat sarapan. Rasanya semakin nikmat saat ditambahkan topping lain seperti suwiran daging ayam, jeroan ayam, dan bakso.



Simak Video "Nasi Goreng Tiwul, Menu Khas Waduk Bendo Ponorogo"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com