Fobia Makanan Sehari-hari yang Ekstrem dan Bikin Susah, Ada yang Takut Pisang hingga Saus

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 09 Sep 2021 14:00 WIB
Fobia Makanan Sehari-hari yang Ekstrem dan Bikin Susah, Ada yang Takut Pisang hingga Saus Foto: Site News
Jakarta -

Fobia makanan tidak bisa dianggap enteng. Apalagi jika fobianya menyangkut makanan sehari-hari yang mudah ditemukan, dan bikin hidup penderitanya jadi susah sendiri.

Selain fobia dengan ketinggian hingga ruangan sempit, fobia pada makanan juga jadi masalah yang sering dialami banyak orang. Fobia ini berkaitan dengan rasa takut berlebihan seseorang pada makanan tertentu, yang membuat mereka enggan memakannya atau hanya melihat bentuknya.

Baru-baru ini muncul acara 'Extreme Food Phobias' yang dipandu oleh dokter asal Inggris, yaitu Dr Ranjh Singh. Lewat tayangan ini dia membantu para penderita fobia makanan sehari-hari untuk mengalahi rasa takut mereka, dan mulai makan seperti orang normal lagi.

Baca Juga: Fobia Makanan, Bocah Ini Hanya Makan Roti dan Yoghurt Selama 10 Tahun

Dilansir dari Mirror UK (07/09), berikut beberapa kisah fobia makanan sehari-hari yang cukup ekstrem dan ditangani Dr Ranjh Singh.

1. Fobia Makanan Baru

Sports woman eating salad, standing with lots of healthy fresh food on the kitchen. Concept of losing weight, sports and healthy eatingIlustrasi cicip makanan baru. Foto: Getty Images/iStockphoto/RossHelen

Emily merupakan salah satu kontestan di acara 'Extreme Food Phobias' yang tayang di salah satu saluran televisi di Inggris. Wanita berusia 21 tahun ini punya fobia mencoba makanan baru, yang membuat hidupnya jadi susah karena ketakutannya pada makanan ini.

Emily yang sehari-harinya bekerja di salon kuku sekaligus make-up artist, harus terbiasa menyantap makanan yang tidak memiliki rasa atau hambar. Seperti menu sarapannya berupa roti tawar, atau keripik kentang dan biskuit crackers tanpa rasa.

Kemudian menu makan siangnya hanya chicken nugget, dan keripik kentang sebagai makan malamnya.

"Saya rasa tidak ada yang bisa menyembuhkan atau membantu saya dari fobia makanan ini. Saya tidak bisa menyantap makanan utama seperti pasta atau pizza, apalagi buah-buahan atau sayuran. Saya benar-benar fobia dengan semua makanan ini," ungkap Emily.

Salah satu makanan yang paling membuatnya takut ada tomat, keju, dan ikan. Tapi berkat mengikuti sesi hypnotherapy dari Dr Ranj, kini secara perlahan Emily mulai mencoba makanan lain seperti saus chili dengan daging sapi dan lainnya.

2. Fobia Pisang dan Apel

Fobia Makanan Sehari-hari yang Ekstrem dan Bikin Susah, Ada yang Takut Pisang hingga SausFobia Makanan Sehari-hari yang Ekstrem dan Bikin Susah, Ada yang Takut Pisang hingga Saus Foto: Site News

Pisang dan apel merupakan buah yang paling banyak ditemukan dan bisa didapatkan di mana-mana. Dua buah paling populer ini ternyata menjadi sumber fobia makanan yang dialami suster bernama Charlie.

Wanita berusia 33 tahun yang tinggal di Chesire, mengaku bahwa dia sangat takut dan fobia ketika melihat pisang dan apel. Sehari-harinya ia hanya mau menyantap macaroni and cheese, dengan keripik kentang. Ia selalu berpura-pura menyantap sayur dan buah, agar putranya tidak mengikuti pola makannya.

Charlie memang mengalami gangguan makanan Avoidant Restrictive Food Intake Disorder (ARFID), di mana ia hanya mau menyantap jenis makanan tertentu. Salah satu makanan yang paling ditakutinya adalah apel dan pisang.

Tapi semenjak mengikuti acara ini, Charlie mulai mau menghadapi rasa takutnya saat melihat pisang dan apel. Kini ia mulai menyantap ikan tuna hingga ayam untuk menu makanannya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Soto Padang yang Penuh Rempah dan Tetelan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com