Salad Cacing Viral, Pemerintah Thailand Larang Warganya Menyantap Salad Ini

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 07 Sep 2021 15:30 WIB
Salad Cacing Viral, Pemerintah Thailand Larang Warganya Menyantap Salad Ini Foto: Facebook/YouTube
Jakarta -

Viral video menyantap cacing tanah mentah yang masih hidup, dan diolah menjadi salad pedas khas Thailand. Pemerintah Thailand langsung mengeluarkan larangan menyantap hidangan ini.

Terkenal dengan variasi salad pedas yang populer. Thailand memiliki beberapa jenis salad, seperti salad som tam yang terkenal, dibuat dari pepaya muda, udang kering, kecap ikan hingga potongan cabe.

Baca Juga: Bikin Ngeri! 5 YouTuber Ini Mukbang Kodok dengan Lahap


Tapi baru-baru ini muncul varian salad baru khas Thailand yang dianggap cukup meresahkan. Karena menggunakan cacing tanah yang masih hidup sebagai isian utamanya.

Dilansir dari Thaiger (07/09), pemerintah di Thailand melarang keras konsumsi cacing tanah mentah. Setelah video makan-makan salad pedas cacing tanah viral di media sosial seperti YouTube, Facebook hingga Twitter.

Salad Cacing Viral, Pemerintah Thailand Larang Warganya Menyantap Salad IniSalad Cacing Viral, Pemerintah Thailand Larang Warganya Menyantap Salad Ini Foto: Facebook/YouTube

Video ini pertama kali diunggah di kanal YouTube My Mesuan dari Thailand, pada tanggal 24 Agustus lalu. Tapi videonya baru mendapatkan perhatian dari pemerintah Thailand di awal September ini.

Bahkan Menteri Kesehatan di Thailand, memberikan peringatan langsung kepada warganya agar tidak mencoba menyantap cacing mentah yang masih hidup.

Pemerintah Thailand takut, bahwa setelah video seorang pria menyantap salad sejenis som tam dengan isian cacing tanah yang masih mentah viral. Ditambah banyak netizen Thailand yang penasaran ingin mencicipi rasa kreasi salad ekstrem ini.

Pria itu awalnya mencampurkan cacing tanah mentah dengan kecap ikan, lalu ditaburi bubuk cabe, dituangkan sedikit air soda, tambahan gula hingga perasan jeruk nipis. Semua bahan ini diaduk jadi satu kemudian dia makan hingga habis. Dalam hitungan jam videonya sudah ditonton lebih dari 250 ribu kali.

Salad Cacing Viral, Pemerintah Thailand Larang Warganya Menyantap Salad IniSalad Cacing Viral, Pemerintah Thailand Larang Warganya Menyantap Salad Ini Foto: Facebook/YouTube

Di beberapa video sebelumnya, pria yang identitasnya tak disebutkan ini sempat berjanji ke penonton. Bahwa jika videonya mendapatkan lebih dari 10 ribu likes, dia akan mengunggah video baru saat dirinya menyantap cacing tanah mentah.

Banyak netizen yang menuliskan komentar beragam mereka. Ada yang mengkritiknya karena rela melakukan apa saja demi viral, ada juga yang penasaran ingin mencoba membuat salad cacing tanah ini di rumah.

"Tampilannya saja sudah menjijikkan. Apalagi dimakan langsung, ditambah dengan kecap ikan seperti itu pasti semakin amis," kritik salah satu netizen.

"Orang-orang semakin gila, demi viral rela makan cacing tanah kotor dan penuh bakteri yang bisa membahayakan kesehatan mereka," sindir netizen lainnya.

"Jangan sampai setelah video ini viral, akan ada tren bodoh menyantap salad cacing tanah," lanjut netizen.

Salad Cacing Viral, Pemerintah Thailand Larang Warganya Menyantap Salad IniSalad Cacing Viral, Pemerintah Thailand Larang Warganya Menyantap Salad Ini Foto: Facebook/YouTube

"Walau tampak menjijikkan dan ekstrem, saya justru penasaran dengan rasanya karena pria ini tampak lahap saat menyantap cacing-cacing ini hahaha," pungkas netizen lainnya.

Tak hanya pemerintah dan menteri kesehatan Thailand saja yang melarang konsumsi salad cacing mentah ini. Beberapa dokter juga menyebarkan informasi ini lewat Facebook.

Mereka menyarankan agar orang-orang tidak mencoba memakan cacing tanah mentah, karena cacing itu bisa saja terkontaminasi dengan telur parasit dari tanah dan kotoran lainnya.

Perwakilan dari Departemen Kesehatan Thailand turut memperingatkan masyarakat, tentang bahaya dan dampak fatal saat mencoba cacing tanah mentah. Salah satunya adalah risiko tinggi mengalami keracunan makanan hingga diare.

Baca Juga: Kasian! Ini Ekspresi Wajah Bocah yang Sanggup Cicip Puding Kotoran Anjing



Simak Video "Bikin Laper: Cobain Rawon Malang Kesukaan SBY Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com