Bule Belanda Doyan Rendang, 40 Kilogram Ludes dalam Hitungan Hari

Devi Setya - detikFood Selasa, 07 Sep 2021 12:00 WIB
Bule Belanda Doyan Rendang, 40 Kilogram Ludes dalam Hitungan Hari Foto: YouTube Reza In Holland
Jakarta -

Rendang terbukti disukai banyak orang, termasuk bule Belanda. Tak heran kalau puluhan kilogram daging rendang langsung ludes hanya dalam hitungan hari.

Rendang khas Padang berhasil menggaet selera para bule Belanda. Sebuah restoran Indonesia di Belanda harus memasak puluhan kilogram daging rendang yang akan habis dalam beberapa hari saja.

Reza, salah satu chef di restoran Sampoerna di Belanda membagikan momen saat ia memasak 40 kilogram daging rendang. Lewat YouTube channel Reza In Holland yang tayang pada 25 Agustus, Reza menunjukkan proses pembuatan rendang.

Bule Belanda Doyan Rendang, 40 Kilogram Ludes dalam Hitungan HariBule Belanda Doyan Rendang, 40 Kilogram Ludes dalam Hitungan Hari Foto: YouTube Reza In Holland

Ia mengolah puluhan kilogram daging rendang ini seorang diri. Namun alat yang digunakan terbilang canggih jadi ia tak perlu memasak secara manual yang memakan waktu dan tenaga ekstra.

"Hari ini kita mau memasak 40 kilogram rendang. Bule Belanda semuanya doyan rendang, jadi ini akan habis dalam beberapa hari saja. Sekali masak bisa 30 kilo, 40 kilo," kata Reza.

Sambil memasak, Reza juga menjelaskan tips membuat rendang yang bumbunya hitam. Ia mengandalkan kelapa parut yang disangrai hingga kecoklatan lalu ditambahkan saat memasak rendang.

Kelapa parut ini disangrai selama 2 jam dengan menggunakan oven. Sesekali ia mengaduk kelapa parut agar tidak gosong.

Sambil menunggu kelapa siap, Reza menyiapkan bumbunya mulai dari lengkuas, kunyit, cabai, serai dan berbagai bumbu lainnya. "Di sini kadang kita dapat daun kunyit yang segar tapi kadang juga yang frozen," ujar Reza.

Setelah bumbu siap, Reza langsung mencampur dengan daging sapi yang sudah dipotong-potong. Semua daging dilumuri bumbu kemudian dipanggang dalam oven selama 2,5 jam. Ya, rendang di sini dimasak menggunakan oven.

Selain membuat rendang, Reza juga membuat acar mentimun serta sambal bajak sebagai pelengkap makan rendang. Lagi-lagi ia tak kesulitan meskipun harus mengolah banyak makanan karena alat masak di restoran ini serba canggih.

Setelah semua matang, Reza langsung menyantapnya dengan nasi putih. Sambil makan Reza menjelaskan kalau makanan Indonesia di sini halal dan sengaja dibuat autentik tanpa merubah rasa aslinya.

Bule Belanda Doyan Rendang, 40 Kilogram Ludes dalam Hitungan HariBule Belanda Doyan Rendang, 40 Kilogram Ludes dalam Hitungan Hari Foto: YouTube Reza In Holland

"Kalau kalian mampir ke Belanda, coba ke restoran Sampoerna. Kita di sini tidak menyesuaikan rasa makanan dengan lidah orang sini jadi kalau pedas ya memang kita buat pedas," lanjut Reza.

Selain rendang, Reza juga kerap membuat ayam goreng bumbu kuning, ayam bumbu rujak hingga nasi bakar. Semuanya kerap dibuat dalam porsi jumbo.

Reza yang tinggal di Belanda ini memang berprofesi sebagai chef namun ia spesialis mengolah makanan Indonesia. Dalam videonya ia mengatakan bangga bisa bekerja di luar negeri namun tetap mengolah makanan tanah kelahirannya.



Simak Video "Persiapan Pemerintah Bawa Tempe Mendunia Seperti Rendang"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com