Beda dengan Orang Bule, 5 Camilan Teman Ngeteh Ini Hanya Ada di Asia

Sonia Basoni - detikFood Senin, 06 Sep 2021 14:30 WIB
Beda dengan Orang Bule, 5 Camilan Teman Ngeteh Ini Hanya Ada di Asia Foto: Site News/Ilust iStock
Jakarta -

Jika orang bule biasa menikmati teh ditemani cookies dan scone. Berbeda dengan orang Asia, punya camilan tradisional enak buat teman ngeteh.


Budaya ngeteh di sore hari tak hanya populer di negara Barat saja. Meski budaya ngeteh di Asia, tidak sekental di negara Inggris, tapi konsumsi teh di Asia masih terbilang tinggi.

Sejak dulu bahkan teh dijadikan sebagai minuman untuk relaksasi atau bersantai setelah menjalani berbagai aktivitas. Tentunya acara ngeteh-ngeteh ini tidak akan lengkap tanpa kehadiran camilan.

Di Asia sendiri, hampir setiap negara memiliki camilan untuk teman ngeteh masing-masing. Misalnya cireng yang jadi teman ngeteh di Indonesia, khanom buang dari Thailand yang mirip seperti lekker di sini.

Dilansir dari berbagai sumber berikut lima teman ngeteh yang cuma ada di Asia.

Baca Juga: 10 Makanan Ini Paling Enak di Asia Menurut Turis


1.Bahn Cam

Beda dengan Orang Bule, 5 Camilan Teman Ngeteh Ini Hanya Ada di AsiaBeda dengan Orang Bule, 5 Camilan Teman Ngeteh Ini Hanya Ada di Asia Foto: Site News/Ilust iStock

Jangan keliru melihat teman ngeteh asal Vietnam yang satu ini. Namanya Bahn Cam, tampilan dan rasanya sangat mirip dengan onde-onde khas Banyumas yang juga populer jadi teman ngeteh di sore hari.

Kudapan manis gurih khas Vietnam ini, dibuat dari adonan tepung beras kemudian dibaluri dengan biji wijen. Tapi yang membedakannya adalah isian dari Bahn Cam ini, karena Bahn Cam biasanya menggunakan isian kacang merah.

Sementara untuk tekstur Banh Cam tetap mirip dengan onde-onde. Krispi dan gurih di luar, namun empuk dan manis di dalam. Orang-orang Vietnam biasanya menyantap Banh Cam sambil minum teh hijau atau teh melati.

2. Cireng

Beda dengan Orang Bule, 5 Camilan Teman Ngeteh Ini Hanya Ada di AsiaBeda dengan Orang Bule, 5 Camilan Teman Ngeteh Ini Hanya Ada di Asia Foto: Site News/Ilust iStock

Cireng ini sejenis gorengan hingga jajanan tradisional yang tengah menjelma menjadi makanan kekinian. Tapi makanan asal Jawa Barat ini juga rupanya cocok jadi teman ngeteh, terutama bagi penggemar makanan gurih.

Tekstur aci goreng yang mulur, dengan tambahan bumbu dan cocolan sambal rujak menambah cita rasa manis gurih di setiap gigitan. Cireng paling enak disantap saat masih panas, karena jika sudah dingin teksturnya akan keras dan alot.

Untuk tehnya sendiri, cireng bisa disesuaikan ke selera masing-masing. Rasanya cukup cocok jika dijadikan teman ngeteh teh tubruk melati yang tradisional.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Kesegaran Sop Buah Duren Pak Ewok yang Terkenal Enak"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com