5 Makanan Asia Tenggara Ini Muncul di Film 'Raya and the Last Dragon'

Sonia Basoni - detikFood Senin, 29 Mar 2021 16:00 WIB
5 Makanan Asia Tenggara Ini Muncul di Film Raya and the Last Dragon Foto: Disney
Jakarta -

Dalam film 'Raya and the Last Dragon' garapan Disney, makanan Asia Tenggara ikut ditampilkan. Seperti tomyam hingga dendeng nangka muda.

Hampir setiap tahun, Disney selalu meluncurkan film animasi terbaru untuk memanjakan penggemarnya di seluruh dunia. Tahun ini Disney menyuguhkan film 'Raya and the Last Dragon'.

Film ini menyorot tentang kehidupan dan budaya khas Asia Tenggara. Meski Disney menggunakan nama daerah fiksi seperti 'Kumandra' di dalam film ini.

Tapi mereka tetap memberikan sentuhan budaya Asia Tenggara, salah satunya lewat berbagai makanan unik yang ditampilkan di dalam film petualangan tersebut.

Mulai dari sup tomyam yang digambarkan sebagai keanekaragaman di Asia Tenggara. Kemudian ada juga nasi putih yang dibahas sebagai makanan pokok di Asia Tenggara, sampai dendeng dari nangka muda yang ikut muncul di film ini.

Dilansir dari berbagai sumber berikut lima makanan khas Asia Tenggara, yang muncul dalam film 'Raya and the Last Dragon'.

Baca Juga: Tampil di Film 'The Irishman', Ini 5 Restoran Tempat Para Mafia Berkumpul

1. Tomyam

5 Makanan Asia Tenggara Ini Muncul di Film 'Raya and the Last Dragon'5 Makanan Asia Tenggara Ini Muncul di Film 'Raya and the Last Dragon' Foto: Disney

Tomyam merupakan hidangan sup kaya rempah dan isian dari Thailand. Tapi cukup populer di wilayah Asia. Pada bagian awal film 'Raya and the Last Dragon', karakter Chief Benja memasak sup untuk beberapa ketua suku yang datang ke tempatnya.

Di sana ia mencampurkan udang, serai, bumbu rempah, gula merah hingga cabe sebagai bahan dasar dari sup tersebut. Sup ini mirip seperti tomyam dari Thailand. Menurut Chief Benja setiap bumbu dan komponen dari sup itu merepresentasikan keanekaragaman.

Banyak pengamat film yang setuju bahwa adegan membuat sup ini, sangat terasa di budaya kuliner Asia Tenggara. Banyak juga yang senang karena akhirnya mereka bisa melihat makanan familiar di dalam film Disney.

2. Nasi Putih

5 Makanan Asia Tenggara Ini Muncul di Film 'Raya and the Last Dragon'5 Makanan Asia Tenggara Ini Muncul di Film 'Raya and the Last Dragon' Foto: Disney

Usai memasak sup tomyam, di film 'Raya and the Last Dragon' juga menyinggung betapa pentingnya nasi bagi kehidupan orang-orang di Asia Tenggara. Dalam salah satu adegan, karakter Raya membawa nasi putih yang dialasi daun.

Lalu salah satu karakter di sana mengatakan bahwa nasi merupakan makanan pokok di daerah mereka. Sayangnya tidak semua daerah ini subur dan bisa menghasilkan beras.

Situasi ini mirip dengan yang terjadi di Asia Tenggara. Selain nasi putih menjadi makanan pokok yang wajib ada bagi kebanyakan orang. Tak semua wilayah di Asia Tenggara bisa ditanami padi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Lembut Gurih Bolu Lukis Isi Tuna"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com