4 Makanan dan Minuman Ini Diharamkan dalam Islam, Ada Alasan Ilmiahnya

Riska Fitria - detikFood Minggu, 05 Sep 2021 08:00 WIB
4 Makanan dan Minuman Ini Diharamkan dalam Islam, Ada Alasan Ilmiahnya Foto: iStock

3. Babi

4 Makanan dan Minuman Ini Diharamkan dalam Islam, Ada Alasan Ilmiahnya4 Makanan dan Minuman Ini Diharamkan dalam Islam, Ada Alasan Ilmiahnya Foto: iStock

Sudah banyak diketahui bahwa daging babi haram dikonsumsi bagi umat muslim. Allah SWT mengatakan bahwa babi merupakan hewan yang kotor, jika dimakan dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Hal itu juga dibuktikan lewat penelitian. Beberapa penelitian menemukan bahwa babi menjadi inang dari berbagai macam parasit. Bahkan babi hanya mengeluarkan 2% dari seluruh kandungan asam uratnya.

Sementara asam urat 98% sisanya masih tersimpan di dalam tubuh. Lebih lanjut, penelitian juga menemukan adanya beberapa cacing pita di dalam tubuh babi. Mulai dari taenia solium, Trichinella spiralis, Fasciolopsis buski dan Clonorchis sinensis.

4. Minuman Keras

4 Makanan dan Minuman Ini Diharamkan dalam Islam, Ada Alasan Ilmiahnya4 Makanan dan Minuman Ini Diharamkan dalam Islam, Ada Alasan Ilmiahnya Foto: iStock

Minuman keras atau disebut juga khamr dilarang untuk dikonsumsi karena efek sampingnya yang memabukkan. Tentang keharaman minuman keras itu dijelaskan dalam Al Qur'an surah An-Nahl ayat 67 yang artinya:

"Dan dari buah kurma dan anggur, kamu buat minuman yang memabukkan dan yang baik. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang memikirkan," (QS. An-Nahl:67).

Sementara menurut beberapa penelitian, alkohol dapat mempengaruhi sistem saraf sehingga mengakibatkan hilangnya fungsi indra. Selain itu, alkohol juga bisa menyebabkan hipertensi dan kanker kolorektal.

Baca Juga: Kenapa Peuyeum khas Jabar Halal Dimakan, Padahal Alkoholnya Tinggi?

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Keseruan Ncess Nabati dan Angel Karamoy Ngemil Tutut"
[Gambas:Video 20detik]

(raf/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com