Videonya Diblokir Gegara Seleb Tiktok Ini Terlalu Gemulai Saat Makan

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 04 Sep 2021 15:00 WIB
Videonya Diblokir Gegara Seleb Tiktok Ini Terlalu Gemulai Saat Makan Foto: Sixthone
Jakarta -

Sering unggah konten makanan, seleb TikTok ini ribuan followers. Tetapi ia justru dicap terlalu gemulai, sampai videonya diblokir dan dihapus oleh TikTok.

Video makan dengan konsep ASMR yang menonjolkan suara makanan masihjadi tren yang disukai banyak orang. Termasuk di China, meski pemerintah China bergerak aktif memberantas video makan atau mukbang berlebihan untuk mengurangi limbah makanan.

Tapi seleb TikTok bernama Feng Xiaoyi, justru dikecam bukan karena ia dianggap membuang-buang makanan dalam video makannya. Tapi karena Feng dianggap terlalu gemulai, atau feminin saat menyantap manisan buah persik.

Baca Juga: Ini 5 Mukbang Kontroversi yang Bikin Netizen Geram


Dilansir dari Sixthone (03/09), Feng terkenal sebagai seleb Douyin, yaitu TikTok versi China. Feng merupakan selebriti di TikTok yang memiliki banyak followers, karena kulitnya putih mulus menyerupai porselen.

Videonya Diblokir Gegara Seleb Tiktok Ini Terlalu Gemulai Saat MakanVideonya Diblokir Gegara Seleb Tiktok Ini Terlalu Gemulai Saat Makan Foto: Sixthone

Kemudian fitur wajahnya yang mirip seperti wanita, dengan bagian bibir berwarna merah muda, mata indah dan suaranya yang lembut. Bahkan ketika makan dan mengunyah makanan pun, Feng tampak gemulai dan lemah lembut.

Namun rupanya hal ini lah yang membuat Feng diblokir dari situs Douyin. Setelah banyak netizen yang melaporkan videonya sebagai konten meresahkan. Feng juga harus menerima hujatan, dan disebut sebagai 'waria' hingga 'banci' karena gaya makannya yang gemulai.

Tak hanya dihujani ribuan hujatan dari netizen China, tapi akunnya di Douyin yang sudah memiliki lebih dari 600 ribu followers juga diblokir oleh Douyin karena dianggap membuat konten yang mencolok.

"Akhirnya akunnya terblokir juga! Setelah melihat videonya makan buah persik, tiba-tiba saya ingin mengganti dua bola mata saya," kritik salah satu netizen di situs Weibo.

Videonya Diblokir Gegara Seleb Tiktok Ini Terlalu Gemulai Saat MakanVideonya Diblokir Gegara Seleb Tiktok Ini Terlalu Gemulai Saat Makan Foto: Sixthone

"Sebenarnya apa yang terjadi pada pria-pria jaman sekarang? Kenapa semuanya gemulai seperti banci?" sindir netizen lainnya.

Meski mengundang pro dan kontra, tapi video Feng makan buah persik yang dianggap terlalu gemulai ini, rupanya memicu perdebatan.

Di China sendiri, beberapa tahun ke belakang ini muncul konsep 'flower boys' atau pria flamboyan yang memperhatikan penampilan mereka. Terkadang mereka sering dianggap sebagai pria feminin atau melambai, karena dianggap tidak memiliki sisi maskulin seperti pria pada umumnya.

Bahkan banyak figur publik hingga selebriti terkenal di China yang secara terang-terangan membenci pria-pria feminin yang mereka anggap tak pantas.

Videonya Diblokir Gegara Seleb Tiktok Ini Terlalu Gemulai Saat MakanVideonya Diblokir Gegara Seleb Tiktok Ini Terlalu Gemulai Saat Makan Foto: Sixthone

Tapi seiring berjalannya waktu, dan berkembangnya jaman konsep pria feminin ini semakin terbuka di China. Apalagi banyaknya beauty blogger, atau ahli kecantikan pria yang dengan gamblang menunjukkan sisi feminin mereka di depan publik.

Menanggapi problem video makan yang terlalu gemulai ini, pengamat sosial Cui Le, dari University of Auckland's Faculty of Education and Social Work menjelaskan bahwa stigma pria feminin yang sering dianggap negatif, berkaitan erat dengan konsep maskulin di China.

"Secara keseluruhan mungkin fenomena sosial ini disebabkan oleh konsep maskulin secara tradisional yang sering dikaitkan oleh rasa nasionalisme orang-orang China," pungkasnya.

Sampai sekarang akun Feng sendiri belum kembali aktif. Feng untuk sementara waktu tidak bisa mengunggah video-videonya makan di internet seperti dulu.

Baca Juga: China Tutup 13,600 Akun Mukbang yang Buang-buang Makanan



Simak Video "Bikin Laper: Kesegaran Sop Buah Duren Pak Ewok yang Terkenal Enak"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com