5 Fakta Soju, Minuman Alkohol yang Sering Muncul di Drama Korea

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 03 Sep 2021 14:30 WIB
5 Fakta Soju, Minuman Alkohol yang Sering Muncul di Drama Korea Foto: Istimewa

3. Harga Minuman Soju

5 Fakta Soju, Minuman Alkohol yang Sering Muncul di Drama Korea5 Fakta Soju, Minuman Alkohol yang Sering Muncul di Drama Korea Foto: Istimewa

Di Korea Selatan harga minuman soju dijual dengan sangat variatif. Mulai dari 1.000-3.000 won atau setara dengan Rp11 ribu hingga Rp34 ribu. Harga soju ini dikatakan sangat terjangkau.

Namun harga soju akan melonjak jika dibeli secara online. Perbandingan harganya pun cukup jauh karena bisa menyentuh hingga 5 kali lipat yaitu berkisar antara Rp60 ribu hingga Rp100 ribu.

Tidak hanya dijual di Korea Selatan, soju juga diekspor ke berbagai negara termasuk Indonesia. Hanya toko-toko tertentu seperti supermarket Korea atau toko alkohol yang bisa menyediakan soju. Harga sebotol soju yang diekspor ini berkisar antara Rp75 ribu hingga Rp120 ribu.

4. Manfaat Minum Soju

Pembuatan soju menggunakan proses fermentasi yang bisa menambah manfaat dan khasiat dari soju itu sendiri. Minuman soju bahkan disebut-sebut bisa memperlambat penuaan.

Proses fermentasi yang dilakukan membuat minuman beralkohol ini memiliki pH yang seimbang sehingga menjaga kulit wajah agar tidak terlalu kering dan berminyak. Bahan utamanya yaitu beras dan biji-bijian juga dipercaya menjadi sumber nutrisi utama yang memberikan manfaat baik dari minuman soju.

Orang tua di Korea Selatan juga mempercayai bahwa minum soju baik untuk merawat kulit dari penuaan dini dan dapat membuat awet muda. Namun dibalik manfaat baiknya, soju juga menyimpan efek samping yang cukup berbahaya untuk tubuh.

5. Terlaris di Dunia

5 Fakta Soju, Minuman Alkohol yang Sering Muncul di Drama Korea5 Fakta Soju, Minuman Alkohol yang Sering Muncul di Drama Korea Foto: Istimewa

Minuman soju menjadi salah satu minuman terlaris di dunia. Tercatat pada tahun 2011, soju buatan Jinro atau produsen soju terbesar di Korea Selatan menempati peringkat satu merek minuman beralkohol terbaik di dunia.

Peminat soju banyak tersebar di berbagai wilayah sehingga permintaan ekspor soju juga cukup tinggi. Hampir seluruh orang di dunia mencari soju sebagai salah satu minuman beralkohol yang disukainya.

Salah satunya adalah produk soju buatan Jinro yang bahkan dalam setahun mampu menjual 61,38% produk soju lebih banyak dibandingkan merek yang lain. Negara-negara seperti Rusia, Filipina, Thailand, Jepang, Ukraina dan sebagainya yang tercatat sebagai negara konsumen minuman beralkohol menjadi sebagian dari pelanggan minuman soju khas Korea Selatan ini.

Baca juga: Soju, Minuman Beralkohol Terlaris di Dunia

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Demam Permen Dalgona Gara-gara Squid Game"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com