5 Kuliner Babi khas Korea, Ada Babi Panggang dan Sup Tulang Babi

Riska Fitria - detikFood Kamis, 02 Sep 2021 13:00 WIB
5 Kuliner Babi khas Korea, Ada Babi Panggang dan Sup Tulang Babi Foto: iStock
Jakarta -

Korea merupakan negara yang mayoritas masyarakatnya mengonsumsi daging babi. Di sana ada banyak kuliner babi khas seperti jokbal hingga samgyeopsal.

Di Korea, daging babi sudah seperti makanan pokok selain daging ayam dan sapi. Bahkan Korea memiliki kuliner khas yang terbuat dari daging babi. Daging babi itu dijadikan berbagai olahan.

Ada yang dipanggang, digoreng dan direbus menjadi olahan berkuah. Bumbu yang dipakai pun bermacam-macam, salah satunya adalah bumbu gochujang yang paling populer. Kuliner babi khas Korea itu banyak ditawarkan di restoran-restoran hingga warung kaki lima.

Berikut 5 kuliner babi khas Korea tersebut.

1. Jokbal

Jokbal merupakan salah satu kuliner babi khas Korea yang populer. Jokbal adalah makanan berupa kaki babi yang direbus dan diasinkan. Kaki babi tersebut dipotong-potong menjadi oval.

Kemudian kaki babi diracik dengan jahe, bawang putih, daun bawang dan anggur beras. Biasanya jokbal dihidangkan dalam porsi yang besar. Bahkan satu porsinya bisa untuk makan 4 orang.

Jokbal bisa juga dijadikan lauk atau makanan pendamping. Kebanyakan jokbal di jual pada malam hari. Kuliner babi yang satu ini mengandung lemak dan kalori yang cukup tinggi.

Baca Juga: 5 Olahan Babi khas China yang Populer, Ada Sekba dan Hong Bak

2. Samgyeopsal

5 Kuliner Babi khas Korea, Ada Babi Panggang dan Sup Tulang Babi5 Kuliner Babi khas Korea, Ada Babi Panggang dan Sup Tulang Babi Foto: iStock

Di Korea juga ada kuliner berupa babi panggang. Di sana kuliner tersebut dikenal dengan nama samgyeopsal. Bagian yang dipanggang adalah bagian perut babi yang berlemak dan tebal.

Biasanya daging babi tidak dibumbui. Namun, ada juga yang memberi bumbu berupa saus pedas ketika dagingnya dipanggang. Biasanya orang Korea memanggang daging babi ini di atas meja makan.

Jadi, ketika makan bisa langsung dimakan. Cara memakannya, yakni dengan menggulungsamgyeopsal dengan daun selada dan bawangbombay.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Cobain Rawon Malang Kesukaan SBY Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com