5 Olahan Babi khas China yang Populer, Ada Sekba dan Hong Bak

Riska Fitria - detikFood Senin, 30 Agu 2021 13:00 WIB
5 Olahan Babi khas China yang Populer, Ada Sekba dan Hong Bak Foto: iStock
Jakarta -

Hampir semua masyarakat China di dunia mengonsumsi daging babi. Karenanya mereka memiliki beberapa olahan daging babi yang terkenal enak dan populer.

Kebanyakan dari masyarakat China adalah non muslim. Karenanya mereka menjadikan daging babi sebagai makanan pokok seperti halnya daging ayam dan daging sapi. Olahan daging babi pun banyak ditawarkan di restoran-restoran.

Daging babi kemudian dimasak dengan berbagai teknik, ada yang dipanggang, dimasak kuah, digoreng, dibakar dan lain sebagainya. Olahan daging babi kemudian populer sebagai hidangan China ikonik.

Di negara-negara Asia, seperti di Singapura, Malaysia, Indonesia hingga Thailand punya olahan daging babi yang populer. Masing-masing olahan babi itu memiliki racikan bumbu yang khas.

Berikut 5 olahan daging babi khas China yang populer:

1. Sekba

5 Olahan Babi khas China yang Populer, Ada Sekba dan Hong Bak5 Olahan Babi khas China yang Populer, Ada Sekba dan Hong Bak Foto: iStock

Sekba merupakan salah satu kuliner olahan babi khas China, tepatnya di China Selatan. Kuliner yang dikenal dengan sebutanbektim ini adalah olahan yang terbuat dari jeroan babi.

Jeroan babi tersebut mulai dari hati, babat, usus, paru-paru. Ada juga yang menambahkan telinga dan lidah babi. Jeroan babi yang telah dibersihkan kemudian direbus di dalam kuah sup.

Untuk bumbunya biasanya menggunakan bawang, kecap dan aneka rempah lainnya. Kuliner babi yang satu ini mirip dengan semur. Kuahnya berwarna kecokelatan rasanya manis, gurih dan asing dengan aroma bunga lawang.

2. Bak Kut Teh

5 Olahan Babi khas China yang Populer, Ada Sekba dan Hong Bak5 Olahan Babi khas China yang Populer, Ada Sekba dan Hong Bak Foto: iStock

Bakkut teh merupakan kuliner olahan babi yang lahir dari budaya China di Malaysia. Karena itulah orang China daratan dan Taiwan kurang populer dengan kuliner yang satu ini.

Bak kut teh dikenal juga dengan sebutan rou gu cha. Bak kut teh terbuat dari bagian iga babi diolah menjadi sup sehingga rasanya gurih dan bertekstur empuk. Warna kuahnya sedikit keruh.

Namun di Indonesia, bak kut teh biasa dimasak dengan kuah dengan sayur asin. Rasanya asam, gurih dan segar karena dicampur sayur asin. Kuliner babi ini juga populer di Singapura.

Baca Juga: 5 Kuliner Babi Tradisional khas Indonesia yang Populer

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Menjajal Sate Taichan Terenak di Cengkareng"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com