8 Istilah Makanan Olahan Babi, Perlu Dipahami Muslim!

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 01 Sep 2021 07:00 WIB
Istilah nama makanan yang diolah dari daging babi. Seperti lapchiong, samcan, hingga lard. Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Umat muslim diharamkan untuk mengonsumsi daging babi. Supaya tak salah, ada beberapa istilah olahan daging babi yang harus dipahami. Seperti ham hingga samcan.

Aturan mengonsumsi daging babi dalam Islam adalah haram hukumnya. Oleh karenanya, muslim hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan halal seperti ayam, daging sapi, daging kambing, dan lainnya yang telah sesuai syariat Islam.

Beberapa istilah olahan daging babi juga perlu diketahui oleh seorang muslim agar bisa lebih waspada dan tak salah saat mengonsumsi. Karena ada beberapa makanan mengandung babi yang menggunakan istilah asing.

Supaya tak salah, ada baiknya kamu mengetahui beberapa istilah makanan yang terbuat dari daging babi. Mulai dari ham hingga samcan.

Berikut 8 istilah makanan yang mengandung daging babi.

1. Lapchiong

Istilah nama makanan yang diolah dari daging babi. Seperti lapchiong, samcan, hingga lard.Istilah nama makanan yang diolah dari daging babi. Seperti lapchiong, samcan, hingga lard. Foto: Getty Images/iStockphoto

Lapchiong atau lapcheong adalah sosis yang terbuat dari daging babi. Dibuat dari daging dan lemak babi, lalu dikeringkan. Sosis ini memiliki tekstur lebih keras dan berserat kasar dari pada sosis daging sapi atau ayam.

Lapchiong memiliki cita rasa manis dengan aroma bumbu yang khas. Biasanya lapchiong disajikan dalam nasi goreng, nasi campur, bihun goreng dan mie goreng. Saat dimasak, lapchiong akan dipotong-potong terlebih dahulu. Sosis berbahan daging babi ini juga lebih berminyak daripada sosis daging sapi.

2. Samcan

Samcan adalah daging babi yang terdiri dari lapisan daging dan lemak. Olahan daging babi ini juga dikenal dengan istilah pork belly karena berasal dari bagian lemak perut babi. Samcan ini sering dianggap sebagai bagian babi yang paling enak.

Samcan memiliki cita rasa yang sangat gurih. Rasa gurih itu berasal dari lemak yang berlapis-lapis dengan daging. Samcan biasanya diolah dengan cara digoreng kering dan garing. Atau dibuat babi panggang renyah atau babi kecap.

Baca Juga: Tuai Kontroversi, Perusahaan Ini Jual ASI Secara Komersil

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bakmi Asap: Bakmi 'Smokey' yang Eksis Sejak 1960-an"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com