8 Istilah Makanan Olahan Babi, Perlu Dipahami Muslim!

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 01 Sep 2021 07:00 WIB
Istilah nama makanan yang diolah dari daging babi. Seperti lapchiong, samcan, hingga lard. Foto: Getty Images/iStockphoto

6. Bakut

Bakut adalah sebutan untuk iga babi. Bagian iga pada babi ini umumnya diolah menjadi sup. Dikenal dengan nama bakut teh. Sajian ini populer di Singapura. Seperti sup, kuahnya sedikit keruh dengan potongan iga babi yang empuk gurih.

Di Indonesia, baku biasa dimasak kuah dengan sayur asin. Yang dipakai daging iga babi potongan pendek (short ribs) dan yang panjang. Rasanya jadi asam gurih dan segar karena tambahan sayur asin.

Baca Juga: Kenapa Peuyeum khas Jabar Halal Dimakan, Padahal Alkoholnya Tinggi?

7. Char siu

Istilah nama makanan yang diolah dari daging babi. Seperti lapchiong, samcan, hingga lard.Istilah nama makanan yang diolah dari daging babi. Seperti lapchiong, samcan, hingga lard. Foto: Getty Images/iStockphoto

Char siu merupakan istilah untuk menyebut daging babi panggang dengan bumbu merah khas Canton. Hidangan ini dikenal juga dengan sebutan barbeque manis. Biasanya dipanggang kering dalam bentuk potongan.

Dijual sebagai potongan utuh atau dipotong tipis menjadi lauk wajib nasi campur. Dikenal sebagai BBQ pork dengan rasa gurih sedikit manis dengan balutan rempah yang harum.

8. Lard

Istilah nama makanan yang diolah dari daging babi. Seperti lapchiong, samcan, hingga lard.Istilah nama makanan yang diolah dari daging babi. Seperti lapchiong, samcan, hingga lard. Foto: Getty Images/iStockphoto

Berbeda dengan lard, lard merupakan istilah untuk menyebut lemak babi. Kualitas terbaik dari lard ini biasanya diperoleh dari bagian ginjal, sementara kualitas terendah dari bagian usus.

Lard biasanya digunakan sebagai minyak atau campuran dalam masakan. Umumnya digunakan untuk pastry-pastry untuk meningkatkan tekstur renyah.

Baca Juga: 8 Istilah Makanan yang Terbuat dari Babi, Perlu Dicermati Muslim

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Bikin Laper: Mencoba Singapore Curry Laksa yang Bikin Nagih"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com