8 Istilah Makanan Olahan Babi, Perlu Dipahami Muslim!

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 01 Sep 2021 07:00 WIB
Istilah nama makanan yang diolah dari daging babi. Seperti lapchiong, samcan, hingga lard. Foto: Getty Images/iStockphoto

3. Ham

Istilah nama makanan yang diolah dari daging babi. Seperti lapchiong, samcan, hingga lard.Istilah nama makanan yang diolah dari daging babi. Seperti lapchiong, samcan, hingga lard. Foto: Getty Images/iStockphoto

Ham adalah istilah dalam bahasa Inggris untuk menyebut bagian paha hewan secara umum. Namun, istilah ini lebih sering digunakan untuk menyebut paha babi. Bentuknya sekilas mirip dengan olahan daging ayam.

Ham babi ini seluruhnya berupa daging yang padat dan memiliki tekstur yang lembut. Umumnya ham diproses dengan cara diasapi dan diasinkan agar lebih awet. Biasanya dipotong dadu atau diiris tipis untuk isian sandwich atau campuran masakan lainnya.

4. Bacon

Istilah nama makanan yang diolah dari daging babi. Seperti lapchiong, samcan, hingga lard.Istilah nama makanan yang diolah dari daging babi. Seperti lapchiong, samcan, hingga lard. Foto: Getty Images/iStockphoto

Istilah bacon sering dipakai untuk istilah daging babi yang diasap. Berupa daging punggung, bagian perut babi dan berupa irisan tipis dengan lapisan daging dan lemak. Biasanya dipanggang hingga lemak meleleh dan kering. Bacon kerap dijadikan isian sandwich, burger atau topping telur goreng.

Belakangan banyak produsen membuat bacon dari daging sapi. Dikenal dengan nama 'beef bacon', bentuk dan irisannya mirip dengan bacon babi hanya saja dagingnya lebih merah.

5. Sekba

Sekba atau disebut juga bektim adalah hidangan yang terbuat dari jeroan babi khas China Selatan. Jeroan tersebut kemudian direbus dalam kuah sup yang dibumbui kecap, rempah dan bawang.

Mulai dari hati, babat, usus, paru-paru dan ada juga yang menambahkan telinga dan lidah babi. Hidangan ini mirip dengan semur. Berkuah kecokelatan dengan aroma bunga lawang yang harum. Rasanya manis, gurih dan asin.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Mencoba Singapore Curry Laksa yang Bikin Nagih"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com