Viral Video Netizen Masak Ekor Buaya Panggang, Ditonton 4 Juta Kali!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 31 Agu 2021 19:00 WIB
Viral Video Netizen Masak Buntut Buaya Panggang, Ditonton 4 Juta Kali! Foto: TikTok @imkh2021
Jakarta -

Di TikTok viral video masak seorang netizen luar negeri. Ia mengolah bahan makanan tak biasa yaitu ekor buaya! Seperti apa ya kreasinya?

Buaya adalah hewan buas yang tak umum dikonsumsi. Apalagi untuk umat Muslim dimana praktik mengonsumsi buaya tergolong haram. Mayoritas ulama mengatakan buaya haram karena termasuk binatang bertaring dan memangsa buruan dengan taringnya.

Hal ini sesuai dengan yang tertulis dalam hadis. "Setiap binatang buas yang bertaring, maka memakannya adalah haram." (HR. Muslim no. 1933)

Namun di luar negeri, beberapa orang iseng mengolah buaya untuk dimakan. Salah satunya netizen TikTok @imkh2021 yang viral karena videonya mengolah ekor buaya.

Viral Video Netizen Masak Buntut Buaya Panggang, Ditonton 4 Juta Kali!Viral Video Netizen Masak Buntut Buaya Panggang, Ditonton 4 Juta Kali! Foto: TikTok @imkh2021

Videonya (28/3) viral, bahkan sudah ditonton lebih dari 4,1 juta kali saat berita ini dibuat. Di awal video ia memperlihatkan ekor buaya utuh.

Sisiknya berwarna abu-abu putih dan dagingnya putih pucat, mirip daging ayam. Ia juga menyiapkan bumbu seperti lada hitam, bubuk cabai, garam, dan lemon segar.

Selanjutnya @imkh2021 memperlihatkan caranya memotong kulit ekor buaya. Ia mengusung konsep ASMR sehingga penonton bisa puas mendengar suara sayatan pisau ke kulit dan daging buaya.

Kemudian ia memisahkan kulit buaya dari dagingnya. Kulit tersebut dibaluri dengan perasan air lemon dan garam kasar yang cukup banyak.

Viral Video Netizen Masak Buntut Buaya Panggang, Ditonton 4 Juta Kali!Viral Video Netizen Masak Buntut Buaya Panggang, Ditonton 4 Juta Kali! Foto: TikTok @imkh2021

Kulit buaya lantas dipanggang di atas bara api sampai garamnya menggumpal dan kering. Lalu @imkh2021 mengolesi kulit buaya dengan minyak dan kembali memanggangnya lagi sampai lemak-lemaknya menetes.

Terakhir, ia membumbui kulit buaya dengan bubuk cabai dan biji wijen. Ia pun menyajikan olahan kulit buaya ini dengan menarik. Caranya disajikan di atas lembaran daun pisang.

Melihat videonya ini, banyak netizen Indonesia memberikan komentar. Mereka takjub dengan keberanian @imkh2021 mengolah ekor buaya.

Viral Video Netizen Masak Buntut Buaya Panggang, Ditonton 4 Juta Kali!Viral Video Netizen Masak Buntut Buaya Panggang, Ditonton 4 Juta Kali! Foto: TikTok @imkh2021

"Amis yakin! Soalnya daging buaya baunya kuat banget, serius nggak bohong," kata seorang netizen. Tapi ada juga yang bilang kalau ekor buaya @imkh2021 bisa jadi enak. "Serius daging buaya emang seenak itu!!! Apalagi kulitnya," sahut seorang netizen.

Lucunya, netizen Indonesia juga salah fokus dengan buaya yang dimaksud. Mereka menganggap buaya yang dimasak @imkh2021 adalah para pria yang sering ingkar janji dan tak setia.

"Oalah pantesan nggak pernah nge-chat lagi," kata seorang netizen. "Nggak pernah makan dagingnya, tapi kalau omongannya pernah sih," tutur netizen lainnya.

Selain mengolah buntut buaya, video-video masak @imkh2021 lainnya juga tak kalah bikin heran. Ia pernah mengolah ginjal sapi hingga buntut kuda yang tampilan mentahnya begitu menjijikkan.



Simak Video "Bikin Laper: Cobain Rawon Malang Kesukaan SBY Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com