Indomie di Luar Jawa dan Luar Negeri Berbeda, Ini Keunikannya

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 30 Agu 2021 18:00 WIB
Indomie di Luar Jawa dan Luar Negeri Berbeda, Ini Keunikannya
Foto: Istimewa
Jakarta -

Sekilas terlihat sama, Indomie di luar Jawa dan luar negeri ternyata berbeda dengan yang biasa dinikmati di Jawa. Hal ini terletak pada bumbu yang digunakan dan varian rasanya.

Dikenal sebagai produk mie instan paling legendaris, Indomie ternyata sudah banyak diekspor ke seluruh wilayah. Mulai dari luar pulau Jawa hingga ke seluruh dunia.

Kelezatan produk mie instan Indonesia ini seolah sudah melegenda di dalam negeri. Bahkan banyak orang luar negeri yang mengatakan bahwa Indomie merupakan produk mie instan yang paling enak yang pernah mereka cicipi.

Perbedaan varian Indomie ini juga disesuaikan dengan selera lidah masyarakat setempat serta beberapa alasan lain yang sengaja dibedakan untuk menjaga kualitas Indomie. Mulai dari pulau Jawa bahkan hingga Mesi, Indomie yang dikirimkan ke berbagai tempat ini ternyata memiliki banyak varian dan perbedaan dengan yang beredar di pulau Jawa.

Berikut ini 7 perbedaan dari Indomie yang ada di Jawa, luar Jawa, dan luar negeri:

Indomie di Luar Jawa dan Luar Negeri Berbeda, Ini KeunikannyaIndomie di Luar Jawa dan Luar Negeri Berbeda, Ini Keunikannya Foto: Istimewa

1. Pulau Jawa vs Luar Pulau Jawa

Sebelum beralih ke kawasan yang lebih jauh, Indomie ternyata juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan antara yang diproduksi untuk pulau Jawa dan untuk di luar pulau Jawa. Perbedaan ini begitu terlihat dari kemasan bumbu yang ada di dalam Indomie.

Jika biasanya Indomie yang ditemukan di pulau Jawa dilengkapi dengan saus sambal di dalamnya, ternyata Indomie di luar pulau Jawa punya kelengkapan bumbu yang berbeda. Di luar pulau Jawa, saus sambal digantikan dengan bubuk cabai.

2. Nigeria

Bukan hanya kemasan, ternyata Indomie yang dijual di Nigeria punya ukuran dan varian rasa yang jauh berbeda. Di nigeria, Indomie dikemas dengan ukuran yang lebih besar dan varian yang lebih beragam.

Indomie versi jumbo di Nigeria terdiri dari tiga jenis varian yaitu hungryman, Bellefull dan Relish. Pada salah satu variannya, Relish, bahkan Indomie juga menghadirkan bahan pelengkap
yang benar-benar nyata seperti potongan daging ayam dan ikan hingga sayuran asli dalam kemasan.

Baca juga: Ngakak! Ini Beda Makan Mie Instan Sendirian dan Saat Orang Rumah Datang

3. Eropa

Indomie di Luar Jawa dan Luar Negeri Berbeda, Ini KeunikannyaIndomie di Luar Jawa dan Luar Negeri Berbeda, Ini Keunikannya Foto: Istimewa

Tidak akan pernah ditemukan di Indonesia, Indomie dengan varian sayur Mediterania ini hanya diproduksi di Eropa. Berusaha menyesuaikan selera lidah orang Eropa, Indomie yang satu ini secara khusus diproduksi oleh pabrik yang berada di Kroasia.

Varian mie instan yang satu ini dibuat menjadi lebih sehat. Tidak hanya rasa bumbu yang berbeda, tetapi di dalam mie tersebut juga tidak disediakan minyak dan kuahnya dibuat dari kaldu sayuran yang gurih khas.

4. Taiwan

Di Taiwan kamu bisa menemukan cukup banyak varian Indomie. Tetapi ada sebuah varian unik yang hanya bisa ditemukan di sana. Hampir mirip dengan Indomie rasa ayam bawang, tetapi varian ini tidak berkuah atau disajikan dalam bentuk mie goreng.

Diberi nama Authentic Garlic Fried Noodles, rasa Indomie goreng di Taiwan ini sangat mirip dengan varian Indomie rasa ayam bawang di Indonesia. Sebenarnya varian semacam ini pernah juga hadir di Indonesia yang diberi nama Mi Goreng Rasa Ayam Bawang.

5. Ghana

Indomie di Luar Jawa dan Luar Negeri Berbeda, Ini KeunikannyaIndomie di Luar Jawa dan Luar Negeri Berbeda, Ini Keunikannya Foto: Istimewa

Di Ghana, Indomie dijual dengan harga yang sangat tinggi. Bahkan sebungkus mie instan ini bisa dibanderol mencapai lebih dari Rp10 ribu dan Rp238 ribu per karton. Saking mahalnya, Indomie di Ghana bahkan dikatakan bisa digunakan sebagai alat transaksi untuk para pekerja seksual.

Di Ghana ada varian rasaIndomie yang begitu populer. Dikemas dengan kemasan berwarna hijau dan isi yang lebih banyak, varian Onion Chicken menjadi rasaIndomie yang paling banyakpenggemarnya di Ghana.

6. Amerika Serikat

Sekilas Indomie yang diperjualbelikan di Amerika Serikat ini tidak jauh berbeda dengan Indomie yang ada di Indonesia. Walaupun sama-sama disajikan dengan varian rasa kaldu ayam, tetapi keduanya cukup berbeda dari segi rasa.

Berusaha untuk menyesuaikan rasa dengan selera lidah lokal, Indomie rasa kaldu ayam ini ditambahkan rasa merica yang lebih kuat. Selain itu, di Amerika ada juga varian mi kuah rasa sayur dengan ciri khas rasa kaldu yang ringan namun ada sensasi jeruk nipis di dalamnya.

7. Mesir

Indomie di Luar Jawa dan Luar Negeri Berbeda, Ini KeunikannyaIndomie di Luar Jawa dan Luar Negeri Berbeda, Ini Keunikannya Foto: Istimewa

Di negara yang dikenal dengan hamparan gurunnya ini ada juga varian khas Indomie yang hanya diproduksi di Mesir. Indomie yang dipasarkan di Mesir cenderung disajikan dalam rasa-rasa kaldu yang sederhana seperti kaldu ayam, sapi, sosis, udang maupun ayam baladi.

Ayam baladi ini merupakan ayam khas Timur Tengah yang diternak dengan perkawinan berbagai jenis ras yang tersebar di Suriah hingga Arab Saudi. Menurut kepercayaan masyarakat di tanah Arab, ayam baladi ini punya rasa gurih yang lebih khas dan lebih lezat.

Baca juga: Ini Perbedaan Rasa Mie Instan di Jawa dan Luar Jawa



Simak Video "Ditemukan Bungkus Indomie di Bekas Markas Pasukan Ukraina"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)