Bisnis Kuliner Mantan Chef

Dampak Pandemi, Banyak Mantan Chef yang Buka Usaha Kuliner Sendiri

Riska Fitria - detikFood Senin, 30 Agu 2021 17:00 WIB
Dampak Pandemi, Banyak Mantan Chef yang Buka Usaha Kuliner Sendiri Foto: iStock
Jakarta -

Akibat pandemi COVID-19, banyak orang yang kehilangan pekerjaannya. Salah satunya adalah para chef yang akhirnya membuka usaha kuliner sendiri setelah dirumahkan.

Pandemi COVID-19 telah mengubah segala kehidupan di dunia. Pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak di segi kesehatan saja, tetapi juga segi ekonomi. Dari itu banyak perusahaan yang mengalami penurunan pendapatan.

Tak sedikit dari perusahaan tersebut yang terpaksa mengurangi karyawannya, alhasil banyak orang yang kehilangan pekerjaannya. Hal itu juga dialami oleh para chef, baik chef restoran hingga chef di hotel.

Baca Juga: Rowstid Chikin: Gurih Juicy Ayam Panggang ala Amerika yang Dijual Pakai Bajaj

Dampak Pandemi, Banyak Mantan Chef yang Buka Usaha Kuliner SendiriDampak Pandemi, Banyak Mantan Chef yang Buka Usaha Kuliner Sendiri Foto: iStock

Bukan hanya chef yang bekerja di Indonesia saja, tetapi juga yang bekerja di luar negeri sekalipun. Bahkan ada kisah di mana chef yang tidak mendapat gaji selama berbulan-bulan.

Karena itulah mau tidak mau mereka pun harus melakukan kreasi dengan berbagai cara untuk bisa bertahan hidup di tengah pandemi. Salah satunya adalah membuka usaha kuliner sendiri.

Dengan bermodalkan keahlian dan pengalamannya, mereka memulai mendirikan usaha kulinernya dari nol. Mulai dari menentukan menu, bahan-bahan, lokasi hingga konsep.

Dampak Pandemi, Banyak Mantan Chef yang Buka Usaha Kuliner SendiriDampak Pandemi, Banyak Mantan Chef yang Buka Usaha Kuliner Sendiri Foto: iStock

Biasanya menu yang ditawarkan tak jauh berbeda dari menu yang sering mereka hidangkan di tempat mereka bekerja. Hanya saja, mereka menurunkan harganya dengan lebih murah agar menjangkau semua orang.

Soal rasa tentu sama lezatnya. Dan uniknya tak jarang dari mereka yang memanfaatkan rumah sendiri untuk gerai makanannya, seperti gerai Chicken Steak Pak Madi dan gerai Fure Sushi.

Tak kalah unik, ada juga mantan chef yang menggunakan kendaraan seperti bajaj untuk gerai makanannya, seperti yang dilakukan oleh pemilik Rowstid Chikin. Namun, karena keunikan itulah yang menarik perhatian.

Dampak Pandemi, Banyak Mantan Chef yang Buka Usaha Kuliner SendiriDampak Pandemi, Banyak Mantan Chef yang Buka Usaha Kuliner Sendiri Foto: iStock

Meskipun lokasinya terpencil di dalam gang sempit misalnya, banyak orang yang rela menempuh jalan tersebut demi bisa mencicipi makanan buatan mantan chef handal.

Bahkan dari usaha kulinernya tersebut yang mengantarkan para mantan chef itu kembali mendulang kesuksesan. Karena rasa yang diberikan konsisten, gerai kulinernya berhasil diantre banyak orang.

Nah, di ulasan detikFood kali ini kami akan membahas tentang kisah-kisah para mantan chef yang membuka usaha kuliner sendiri.

Perjuangan mereka memulai usaha sendiri dan trik-trik bisnis kuliner yang dilakukan. Tak ketinggalan kami juga akan memberikan rekomendasi menu-menu yang wajib dicoba bagi foodies. Simak terus ulasan detikFood ya!

Baca Juga: Mantan Chef Gedung Putih Ungkap Serunya Memasak untuk 4 Presiden Amerika Serikat



Simak Video "Aturan Makan 20 Menit, Chef Arnold: Waiter Latihan Jadi Juri Kontes Masak"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com