Mantan Chef Gedung Putih Ungkap Serunya Memasak untuk 4 Presiden Amerika Serikat

Devi Setya - detikFood Kamis, 26 Agu 2021 18:30 WIB
Mantan Chef Gedung Putih Ungkap Serunya Memasak untuk 4 Presiden Amerika Serikat Foto: Metro
Jakarta -

Mantan chef Gedung Putih, Andre Rush mengungkap betapa serunya mengolah masakan untuk 4 presiden Amerika Serikat. Ia juga ikut merancang menu untuk para tamu negara.

Andre Rush terkenal sebagai mantan chef di Gedung Putih. Pria kekar yang juga mantan tentara Amerika Serikat ini menjabat sebagai chef kepala untuk empat masa pemerintahan Amerika Serikat.

Andre Rush yang mengolah makanan untuk masa pemerintahan Bill Clinton, George W. Bush, Barack Obama, dan Donald Trump. Dari sini ia mendapat banyak pelajaran soal selera makan, budaya makan bahkan kaitan politik dengan makanan.

Dilansir dari Insider (20/8) Rush menceritakan soal apa yang harus dilakukan saat menyiapkan hidangan untuk presiden dan tamu kehormatan internasional. Karena disajikan untuk orang nomor satu di Amerika Serikat, tentu Rush tak bisa sembarangan.

Mantan Chef Gedung Putih Ungkap Serunya Memasak untuk 4 Presiden Amerika SerikatMantan Chef Gedung Putih Ungkap Serunya Memasak untuk 4 Presiden Amerika Serikat Foto: Metro

"Hidangan di Gedung Putih direncanakan dan disusun dengan sangat strategis," kata Rush kepada Insider. "Saya mengatakan, Anda benar-benar bisa memulai perang dan mengakhiri perang dengan hidangan yang dibuat di Gedung Putih."

Rush mengatakan, sangat penting memperhatikan pola makan dan selera makan orang-orang yang tinggal di Gedung Putih. Dalam hal ini tentu saja Presiden Amerika Serikat dan keluarganya.

Di samping itu, Rush juga kebagian tugas ekstra kala ada tamu negara yang hendak datang ke Gedung Putih. Ia pula yang bertanggung jawab menyusun menu untuk tamu negara yang umumnya memiliki selera makan khusus.

Bukan hanya lezat, Rush harus menjamin makanan akan dinikmati oleh tamu negara. Ia pun mempelajari perbedaan budaya dan agama saat menyiapkan makanan.

Ada kalanya, Rush merasa kesulitan menyiapkan makanan bagi orang-orang yang tak bisa menghargai makna budaya atau agama.

Misalnya saja saat jamuan di momen Ramadhan, ia akan merancang menu tanpa babi. Tentunya permintaan menu babi tidak bisa dilayani agar jamuan berlangsung lancar.

Lebih lanjut, Rush menegaskan tidak ada makanan khas yang selalu disajikan di Gedung Putih karena Rush bekerja di bawah empat pemerintahan yang berbeda. Setiap makanan yang disajikan akan selalu berbeda dan bervariasi.

Meskipun demikian, Rush mengaku profesinya sebagai chef Gedung Putih menjadikan pekerjaannya terasa menyenangkan.

"Hidangannya sangat beragam, dari semua jenis protein, vegan, makanan penutup bebas gluten, semua jenis makanan yang paling liar hingga yang paling sederhana, bahkan hal paling eksotis yang mungkin Anda pikirkan. Ini yang benar-benar saya sukai," kata Rush.

Kepala koki di Gedung Putih dipilih langsung oleh Ibu Negara. Namun ada fakta unik di baliknya, Rush mengatakan semua Ibu Negara memiliki selera makan yang sederhana.

Lain halnya dengan para presiden yang menjabat, mereka semua justru memiliki selera makan yang selalu diutarakan secara vokal.

"Presiden yang baru saja terpilih, saya menggunakan kata 'sangat egois' untuk selera makannya. Jika mereka tidak menyukai sesuatu, orang lain harus mengikutinya," pungkas Rush.



Simak Video "Gokil! Seniman Ini Ciptakan Aneka Kue Hiperealistik"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com