Tak Sengaja Tanam Biji Kurma di Halaman Rumah, Kini Panen Berkali-kali

Devi Setya - detikFood Senin, 30 Agu 2021 15:00 WIB
Tak Sengaja Tanam Biji Kurma di Halaman Rumah, Kini Panen Berkali-kali Foto: youtube Agro Maritim
Jakarta -

Pria ini tak sengaja tanam biji kurma di halaman depan rumahnya. Kini pohonnya tumbuh subur dan setiap panen menghasilkan 10 tandan kurma. Mantap!


Adalah Sayuti Malik, pria yang tinggal di Rawa Lumbu, Bekasi yang memiliki pohon kurma di halaman rumahnya. Pohon asal Arab ini berdiri kokoh, bahkan di dahannya ada beberapa tandan buah kurma yang menggoda.

Lewat YouTube channel Agromaritim (13/8) Sayuti menceritakan awal mula ia memiliki pohon kurma yang berbuah subur. Biji kurma yang ia dapatkan berasal dari sang paman yang baru saja menunaikan ibadah haji.

Tak Sengaja Tanam Biji Kurma di Halaman Rumah, Kini Panen Berkali-kaliTak Sengaja Tanam Biji Kurma di Halaman Rumah, Kini Panen Berkali-kali Foto: youtube Agro Maritim

"Awalnya paman pergi haji. Pulang bawa kurma. Lalu orangtua menyemai biji kurma, awalnya ada dua pohon tapi yang satu mati. Alhamdulillah yang satu ini hidup, dan jenis kelaminnya betina," kata Sayuti.

Meskipun halaman depan rumahnya tidak terlalu luas tapi pohon kurma ini tetap produktif. Setelah 6 tahun ditanam, pohon ini berbuah. Awal pertama berbuah, kurma ini tidak memiliki biji.

Sayuti yang masih awam soal tanaman kurma kemudian mencari informasi lewat internet, ia pun banyak bergabung dalam komunitas pencinta kurma. Dari sini ia bisa belajar merawat pohon kurmanya agar lebih produktif dan hasil buahnya lebih banyak.

"Alhamdulillah berbuah. Waktu panen 5 bulan tapi anehnya kurma nggak ada biji. Saya juga awam. Nggak ngerti perkurmaan, akhirnya masuk grup kurma. Akhirnya jadi sharing bareng, sekarang jadi lebih ngerti," beber Sayuti.

Kurmanya berbuah tanpa kenal musim. Sekali berbuah bisa menghasilkan 10 tandan kurma sekaligus. Ia tidak menjual kurma ini, kurma hanya untuk dikonsumsi oleh keluarga ataupun diberikan pada tetangga yang mau.

Banyak juga yang mencari kurma muda di sini. Kurma muda dikenal memiliki khasiat kesehatan dan juga disebut-sebut bisa menjadi obat herbal untuk kesuburan bagi pasangan yang ingin memiliki anak.

Tak Sengaja Tanam Biji Kurma di Halaman Rumah, Kini Panen Berkali-kaliTak Sengaja Tanam Biji Kurma di Halaman Rumah, Kini Panen Berkali-kali Foto: youtube Agro Maritim

"Kalau bicara nominal. Satu tandan saja bisa menghasilkan kurma harga Rp 3 juta, satu pohon bisa 10 tandan. Kalau ada lahan bisa tanam misalnya 200 pohon dikali 10 tandan. Wah kalau kita bicara nominal ya bagus prospeknya," lanjut Sayuti.

Meskipun bukan asli tanaman Asia Tenggara, kurma memang termasuk tanaman yang bisa tumbuh dan berbuah di Indonesia. Beberapa kebun kurma juga berhasil dikembangkan di beberapa daerah seperti di Pasuruan, Jawa Timur.

Bibit kurma pun sudah banyak dijual di Indonesia, jadi kalau tergoda menanam kurma bisa membeli bibitnya langsung. Kurma yang tumbuh di Indonesia juga memiliki kualitas rasa yang manis dan enak.



Simak Video "Surabi Kurma, Menu Takjil untuk Berbuka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com