Keren! 64 Hidangan Manis Tradisional Malaysia Dipakai untuk Buat Karya Seni

Sonia Basoni - detikFood Senin, 30 Agu 2021 11:30 WIB
Keren! 64 Hidangan Manis Tradisional Malaysia Dipakai untuk Buat Karya Seni Foto: SAYS
Jakarta -

Semarak menyambut hari kemerdekaan Malaysia yang ke 64 dituangkan dalam karya seni keren. Karya seni ini dibuat dari 64 jenis jajanan manis tradisional khas Malaysia.

Setiap tanggal 31 Agustus, semua warga Malaysia merayakan hari kemerdekaan bangsa mereka. Tahun ini Malaysia akan merayakan hari kemerdekaan yang ke-64.

Baca Juga: Coba Rendang dan Pulut Kuning Malaysia, Katy Perry Terkejut


Meski merayakan kemerdekaan dalam situasi pandemi, tapi semua itu tidak menyurutkan semangat warga Malaysia untuk memeriahkannya. Salah satunya mereka merayakan hari kemerdekaan Malaysia, lewat kreasi seni yang keren sekaligus unik.

Dilansir dari JUICE (25/08), produk makanan Malaysia Central Sugar Refinery (CSR) dengan SAYS bekerja sama membuat karya seni dari makanan. Karya seni ini berbentuk angka 64, di mana tahun ini Malaysia berulang tahun yang ke-64.

Uniknya semua karya seni ini berasal dari susunan aneka kue, es campur, kudapan manis dan semua hidangan penutup tradisional Malaysia yang familiar bagi warga Malaysia.

Tujuan dari karya seni ini dibuat agar warga Malaysia bisa merasakan suasana nostalgia, saat melihat makanan manis kesukaan mereka terpampang membentuk angka 64.

"Tujuan dari karya seni ini agar semua hidangan manis yang ditampilkan, bisa membuat kita bernostalgia ke masa lalu yang lebih sederhana dan bahagia," ungkap perwakilan CSR.

Keren! 64 Hidangan Manis Tradisional Malaysia Dipakai untuk Buat Karya SeniKeren! 64 Hidangan Manis Tradisional Malaysia Dipakai untuk Buat Karya Seni Foto: SAYS

Dari 64 hidangan manis khas Malaysia, salah satu yang menjadi menu utamanya ada ABC. ABC merupakan ais kacang, atau es kacang merah dengan es serut dan susu kental manis yang jadi dessert favorit warga Malaysia.

Kemudian ada barisan aneka kue basah yang disebut juga sebagai Nyonya Kuih. Salah satunya ada ang ku kue, pulut tai-tai, kuih ketayap sampai kuih lapis yang merupakan kembaran dari kue lapis di Indonesia.

Tak ketinggalan es cendol, kolak ubi, martabak, donat, onde-onde, roti canai, pisang goreng, pie susu, kue bulan dan masih banyak lagi.

Lewat video berdurasi kurang dari tiga menit, semangat kemerdekaan warga Malaysia direpresentasikan melalui cara pembuatan dan penyajian aneka hidangan manis Malaysia. Banyak komentar dari netizen yang terpukau dengan kekayaan kuliner Malaysia walaupun hanya membahas makanan manisnya saja.

Keren! 64 Hidangan Manis Tradisional Malaysia Dipakai untuk Buat Karya SeniKeren! 64 Hidangan Manis Tradisional Malaysia Dipakai untuk Buat Karya Seni Foto: SAYS

"Menonton video ini membuat saya tak bisa berhenti tersenyum. Oh rindunya mencicipi semua makanan ini, dan pastinya semua makanannya sangat enak," ungkap netizen Ifaakl**.

"Sangat keren! Ternyata masih banyak dessert dari Malaysia yang belum saya coba," komen netizen mimima** yang berasal dari Korea Selatan.

"Selamat hari Merdeka, Malaysia. Salam dari Indonesia," tulis netizen Indonesia Marzuq**.

Banyak juga netizen asal Indonesia yang justru gagal fokus, karena menemukan banyaknya persamaan kue tradisional Malaysia dan Indonesia.

"Itu ada onde-onde, dadar gulung, klepon kan ya? Mirip sama jajanan pasar di Indonesia," sambung Me***.

Tak hanya masalah hidangan manis saja, Indonesia dan Malaysia memiliki ragam kuliner yang hampir mirip.

Terutama makanan-makanan khas Melayu yang terkadang menjadi bahan perdebatan antara warga Indonesia dan Malaysia. Mulai dari rendang, cendol hingga sate.

Baca Juga: 5 Makanan dari Indonesia dan Malaysia yang Terkenal Enak



Simak Video "Bikin Laper: Cobain Rawon Malang Kesukaan SBY Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com