Netizen Ini Buktikan Nasi Padang yang Dibungkus Porsinya Lebih Banyak

Devi Setya - detikFood Kamis, 26 Agu 2021 15:00 WIB
Netizen Ini Buktikan Nasi Padang yang Dibungkus Porsinya Lebih Banyak Foto: tiktok @haitoko
Jakarta -

Selama ini memang menjadi misteri kenapa nasi Padang yang dibungkus punya porsi lebih banyak dibandingkan makan di tempat. Seorang netizen membuktikan dengan cara menimbang nasi Padang.

Pernah merasakan bedanya porsi saat makan nasi Padang di restoran dan makan nasi Padang yang dibungkus. Tentu banyak yang setuju kalau nasi Padang yang dibungkus memiliki porsi yang jauh lebih banyak.

Untuk membuktikannya, pemilik akun tiktok @haitoko mencoba membeli nasi Padang dengan dua versi yakni makan di tempat dan bungkus. Menu lauk pilihannya sengaja dibuat sama agar bisa membandingkan berat makanan dalam dua versi berbeda ini.

Menu nasi Padang yang dibeli ini dilengkapi dengan lauk telur, daun singkong rebus dan sayur gulai nangka. Setelah dua versi nasi Padang ini siap, barulah ia mengeluarkan timbangan.

Netizen Ini Buktikan Nasi Padang yang Dibungkus Porsinya Lebih BanyakNetizen Ini Buktikan Nasi Padang yang Dibungkus Porsinya Lebih Banyak Foto: tiktok @haitoko

Yang pertama ditimbang adalah nasi Padang makan di tempat. Saat ditaruh di atas timbangan, jarum jam menunjukkan angka 1,1 kilogram. Berat ini bukan hanya untuk nasi dan lauknya, tetapi juga termasuk berat piring keramik yang digunakan sebagai wadah.

Sekarang giliran nasi Padang yang dibungkus. Agar adil, nasi Padang bungkus ini juga ditaruh di atas piring serupa. Angka di timbangan cukup membuat mata melotot karena bedanya lumayan jauh.

Berat nasi Padang yang dibungkus ini menunjuk angka 1,5 kilogram. Artinya ada perbedaan berat sekitar 400 gram atau hampir setengah kilogram.

Video yang diunggah pada 25 Agustus 2021 ini langsung menarik perhatian. Dari 2 video ini masing-masing sudah dilihat lebih dari 2 juta kali.

"Itu ada sejarahnya bro, waktu jaman penjajahan itu yang makan ditempat orang orang belanda/orang luar gitu, terus kaum pribumi beli nasinya dibungkus. nah makanya yang punya warung makan padang tuh ngebanyakin nasi yg dibungkus karna sama sama pribumi," ujar netizen.

"Kata temen kantorku dulu yang asli sumatra, memang sudah menjadi kebiasaan lebih banyak yg dibungkus, agar bisa dinikmati bareng2 di rumah," sahut netizen lain.

Netizen Ini Buktikan Nasi Padang yang Dibungkus Porsinya Lebih BanyakNetizen Ini Buktikan Nasi Padang yang Dibungkus Porsinya Lebih Banyak Foto: tiktok @haitoko

Ternyata dalam video lanjutannya sang penjual nasi Padang memberikan jawaban. Benar saja, nasi Padang yang dibungkus memang sengaja diberi dengan porsi banyak.

"Karena kalau makan di tempat, otomatis buat Abang sendiri. Kalau dibungkus mungkin-mungkin bisa buat dibagi keluarga di rumah, dan mungkin adik-adik, saudara Abang. Emang (tradisinya) dari zaman penjajahan dulu bang," ujar Edfri dari rumah makan Padang Budi Jaya.

Nah, kalau kamu setuju nggak nih dengan perbedaan porsi makan nasi Padang ini?



Simak Video "Bikin Laper: Sop Daging di Restoran Padang Hidden Gem yang Lagi Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com