Salut! Netizen Twitter Gelar 'Razia Perut Lapar', Patungan Berbagi 100 Nasi Kotak

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 26 Agu 2021 15:30 WIB
Salut! Netizen Twitter Gelar Razia Perut Lapar, Patungan Berbagi 100 Nasi Kotak Foto: Twitter/txtdrtembok
Jakarta -

Tidak hanya selebgram, netizen ternyata juga bisa berbagi kebaikan. Komunitas ini mewadahi netizen yang ingin berbagi 100 nasi kotak gratis untuk mereka yang membutuhkan.

Di tengah masa pandemi, banyak orang yang mengalami kesulitan. Berbagai kerugian akibat pandemi yang berlangsung begitu lama ini tidak hanya memengaruhi sektor tertentu tetapi juga merugikan semua lapisan masyarakat.

Terkebih pandemi yang mudah menyebar dengan cepat ini membuat orang yang terinfeksi virus Corona harus melakukan isolasi sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri di luar rumah. Begitu banyak orang-orang yang membutuhkan bantuan untuk menyokong kelanjutan hidupnya di masa pandemi seperti saat ini.

Jika kegiatan berbagi rezeki biasanya dilakukan oleh para selebriti Instagram atau selebgram, ternyata netizen juga bisa berbagi ke sesama. Beberapa akun komunitas di Twitter atau lebih dikenal dengan istilah base, banyak sekali yang mewadahi netizen yang ingin membantu sesama.

Salut! Netizen Twitter Gelar 'Razia Perut Lapar', Patungan Berbagi 100 Nasi KotakSalut! Netizen Twitter Gelar 'Razia Perut Lapar', Patungan Berbagi 100 Nasi Kotak Foto: Twitter/txtdrtembok

Mengutip akun Twitter @txtdrtembok (22/8), program razia perut lapar kerap kali dilaksanakan. Dana kegiatan ini berasal dari sumbangan netizen Twitter dan beberapa pihak yang ikut berpartisipasi. Mereka bahkan mampu membagikan hingga 100 nasi kotak untuk semua kalangan masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga: Bawa Uang Rp 5000 Buat Beli Nasi Padang, Penjual Agar-agar Ini Dapat Donasi Rp 100 Juta

"Alhamdulillah hari ini kita 100 box nasi dan berlanjut hari Jumat. Berkah dan sehat selalu teman-teman!!" tulis keterangan dalam unggahan @txtdrtembok.

Menurut keterangan yang disampaikan kepada detikcom (26/8), kegiatan ini telah berhasil dilakukan di wilayah Bekasi Timur dan sekitarnya. Sistem pendanaan yang dilakukan sepenuhnya berasal dari donasi netizen yang telah dikumpulkan selama seminggu. Kemudian seluruh uang yang terkumpul akan dibelikan nasi kotak.

Tidak hanya nasi kotak, berbagai minuman yang enak juga diberikan atas bantuan dari beberapa coffee shop yang ikut berpartisipasi dalam program tersebut. Jadi, tidak hanya bisa menikmati makanan yang enak tetapi orang-orang yang mendapatkan bantuan ini juga berkesempatan untuk bisa merasakan minuman yang menyegarkan.

Salut! Netizen Twitter Gelar 'Razia Perut Lapar', Patungan Berbagi 100 Nasi KotakSalut! Netizen Twitter Gelar 'Razia Perut Lapar', Patungan Berbagi 100 Nasi Kotak Foto: Twitter/txtdrtembok

Para pemulung, pekerja di jalanan, hingga siapapun yang membutuhkan bantuan makanan menjadi target utama pelaksanaan program razia perut lapar ini. Tidak hanya di kawasan Bekasi saja, program-program serupa juga banyak dilakukan di berbagai kawasan lainnya.

Banyak sekali komunitas di Twitter ini yang menyebar untuk membantu wilayah-wilayah lain seperti Jakarta, Tangerang dan sekitarnya. Tidak hanya makanan ada juga yang hasilnya donasinya disalurkan dalam bentuk 1.000 kemasan sembako gratis untuk orang-orang yang membutuhkan.

Aksi mulia ini ternyata juga disambut baik dan mendapatkan perhatian yang tinggi dari netizen Twitter. Mereka yang mampu menyumbang tidak keberatan untuk ikut berpartisipasi dalam memberikan donasi pada program ini. Sedangkan yang lainnya juga banyak yang ikut menyebarkan informasi terkait program ini sehingga lebih banyak dilihat oleh pengguna Twitter.

"Semangat kawan. Mantap. Masih ada juga yang peduli sesama. Semoga dimudahkan segala urusanmu," tulis akun @supriyono1945 pada kolom balasan.

"Semoga diberikan rezeki yang berlimpah," tulis akun @AndiTrinugroho8.

Baca juga: Miris! Sekolah Ini Dapat Donasi Makanan Basi yang Bikin Netizen Emosi



Simak Video "Bikin Ngiler! Twitter Diramaikan #NanaChallenge"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com