Kulit Semangka Kaya Nutrisi, Bisa Diolah Jadi Kimchi

Devi Setya - detikFood Kamis, 26 Agu 2021 14:30 WIB
Kulit Semangka Kaya Nutrisi, Bisa Diolah Jadi Kimchi Foto: Getty Images/iStockphoto/Aneta_Gu
Jakarta -

Belum banyak yang tahu kalau kulit semangka bisa dimakan. Salah satunya diracik menjadi kimchi. Selain enak, kulit semangka juga kaya khasiat.

Bagian kulit semangka yang berwarna putih bisa dikonsumsi. Berbagai makanan pun bisa dibuat dengan menggunakan kulit semangka ini. Di Eropa bahkan sudah banyak yang menyantap kulit semangka sebagai campuran salad.

Salah satu olahan kulit semangka yang bisa dibuat adalah kimchi. Ya, makanan asal Korea ini bukan hanya bisa dibuat menggunakan sawi, timun atau lobak saja. Cara membuat kimchi kulit semangka juga terbilang cukup mudah.

Kulit Semangka Kaya Nutrisi, Bisa Diolah Jadi KimchiKulit Semangka Kaya Nutrisi, Bisa Diolah Jadi Kimchi Foto: tiktok @psnovi


Lewat akun tiktok @psnovi, ditunjukkan bagaimana cara membuat kimchi kulit semangka. Pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan sisa daging semangka lalu kupas juga bagian kulit luar yang berwarna hijau.

Setelah bagian putih kulit semangka bersih, potong-potong dan cuci di bawah air mengalir lalu bubuhi garam. Diamkan selama 3 jam hingga keluar air dari kulit semangka ini. Buang airnya lalu bilas dengan air bersih.

Selanjutnya campurkan aneka bumbu untuk membuat kimchi seperti jahe parut, air lemon, bawang putih, kecap asin, minyak wijen dan saus gochujang. Aduk hingga rata lalu masukkan ke dalam wadah kedap udara.

Diamkan kimchi kulit semangka ini selama 1-2 hari agar proses fermentasi maksimal. Setelah siap, kimchi bisa langsung dimakan. Bisa disantap langsung ataupun dijadikan lauk untuk makan nasi.

Bukan hanya enak, kulit semangka juga kaya khasiat. Kandungan alami kulit semangka bisa memberi efek positif pada kesehatan.

Berikut beberapa manfaat kulit semangka:

1. Meningkatkan libido

Kulit semangka mengandung Citrulline yakni jenis asam amino yang khas pada semangka. Zat ini lebih banyak terdapat pada bagian kulit dibandingkan daging buahnya. Kandungan citrulline ini berfungsi melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan libido.

Dilansir dari Healthline (25/8) berapa penelitian menunjukkan bahwa kulit semangka dapat membantu pria mengatasi masalah disfungsi ereksi ringan sampai sedang. Kulit semangka bisa diolah menjadi jus dengan campuran lemon.

2. Menjaga kesehatan jantung

Sebuah penelitian yang dipublikasi dalam jurnal The American Journal of Hypertension menemukan bukti bahwa daging dan kulit semangka mampu menjaga kesehatan jantung.

Para peneliti mendapati jumlah kalium dan magnesium pada semangka berperan menjaga tekanan darah sehingga mencegah hipertensi. Kalium dalam semangka membantu membuat pembuluh darah rileks dan membantu merangsang aliran darah serta mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular.

3. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Senyawa citrulline yang ada pada kulit semangka juga dapat melawan ancaman radikal bebas pada tubuh. Jika tubuh tidak mudah diserang radikal bebas maka sistem kekebalan tubuh pun akan meningkat sehingga tak mudah terpapar bakteri penyebab penyakit.

Kulit semangka juga mengandung air yang tinggi sehingga membantu menghidrasi tubuh agar tak kekurangan cairan. Jus kulit semangka memang punya rasa tawar, kamu bisa menambah madu atau dipadukan dengan buah lain untuk rasa yang lebih nikmat.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Jala Semangka Enak dan Sederhana"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com