Jangan Dibuang! Sisa Roti dan Sayuran Bisa Dimanfaatkan Lagi

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 09 Jun 2021 18:30 WIB
makanan sisa Foto: Istock
Jakarta -

Kalau memiliki sisa makanan di rumah jangan langsung dibuang. Karena sisa makanan tersebut bisa dimanfaatkan kembali. Untuk mengurangi dampak limbah makanan.

Setiap rumah pasti memiliki sisa makanan dan biasanya langsung dibuang begitu saja tanpa memilikirkan dampaknya bagi lingkungan. Padahal, sisa makanan itu bisa dimanfaatkan kembali.

Dilansir dari Food NDTV, ada 4 jenis sisa makanan yang bisa kamu manfaatkan kembali. Seperti kulit buah, sisa roti, telur, hingga sayuran. Bisa diolah menjadi makanan hingga kebersihan dapur.

Baca Juga: Bapak-bapak, Ini 7 Makanan yang Mengandung Viagra Alami

Berikut 4 sisa makanan yang bisa dimanfaatkan kembali.

1. Roti

Pemanfaat Sisa MakananPemanfaat Sisa Makanan Foto: iStock

Roti salah satu makanan yang tidak bisa bertahan lama. Kalau tidak disimpan dengan benar, tekstur roti yang lembut bisa berubah menjadi kering.

Kalau kamu memiliki sisa roti yang telah mengering tapi waktu kadaluwarsanya masih panjang jangan langsung dibuang. Karena bisa kamu manfaatkan kembali.

Contohnya bisa dibuat roti panggang dengan olesan margarin hingga teksturnya renyah. Bisa juga dihaluskan menjadi tepung untuk balutan gorengan.

2. Kulit Buah

Pemanfaat Sisa MakananPemanfaat Sisa Makanan Foto: iStock

Banyak buah yang memiliki kulit tidak bisa dimakan. Seperti buah-buahan citrus, alpukat, dan semangka. Namun, sisa kulit buah ini bisa dimanfaat kembali lho.

Untuk kulit alpukat, kamu bisa jadikan pelembab wajah. Caranya dengan mengusapkan bagian dalam kulit alpukat ke wajahmu, setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

Lalu, kulit buah citrus seperti lemon juga bisa kamu manfaatkan untuk campuran adonan dessert. Bisa juga dimanfaatkan untuk membersihkan peralatan dapur. Sedangkan untuk kulit semangka, ternyata bisa dijadikan acar yang enak.

Baca Juga: Resep Jamur Crispy yang Renyah Tahan Lama dan Gurih

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com