Ngeri-ngeri Manis! Penangkaran Lebah Madu Ini Ada di Tebing Tinggi yang Curam

Devi Setya - detikFood Minggu, 22 Agu 2021 13:30 WIB
Ngeri-ngeri Manis! Penangkaran Lebah Madu Ini Ada di Tebing Tinggi yang Curam Foto: Odditty Central
Jakarta -

Seluruh bagian dinding dari tebing tinggi ini dipenuhi kotak kayu yang menjadi sarang lebah madu liar. Tak boleh sembarangan, sekali mengganggu sarang lebah ini maka akan disengat ribuan lebah ganas.

Tebing tinggi yang curam di China ini menjadi penangkaran lebah madu liar. Lokasinya berada di Cagar Alam

Shennongjia, Provinsi Hubei China. Di tebing yang menjulang tinggi ini ada sekitar 700 kotak kayu yang merupakan sarang lebah madu liar.

Dikabarkan Oddity Central (19/8), penangkaran lebah ini telah ada di China setidaknya sejak abad ke-2 M. Sayangnya, lebah madu asli China terancam punah. Lokasi ini menjadi penangkaran spesies asli lebah madu China yang keberadaannya sudah sangat langka.

Ngeri-ngeri Manis! Penangkaran Lebah Madu Ini Ada di Tebing Tinggi yang CuramNgeri-ngeri Manis! Penangkaran Lebah Madu Ini Ada di Tebing Tinggi yang Curam Foto: Odditty Central

Saat ini, lebah madu China (Apis Cerana Cerana) terdaftar sebagai spesies yang terancam punah, dan sarang lebah di Cagar Alam Shennongjia merupakan salah satu dari sedikit cagar alam yang dilindungi di negara ini. Penangkaran lebah madu di sini berada di lokasi yang sulit dijangkau.

Berada di dinding tebing yang curam dengan ketinggian sekitar 4.000 kaki di atas permukaan laut. Kotak kayu yang berada di dinding tebing ini bertujuan untuk menarik lebah liar agar datang dan menetap di sarang ini.

Untuk memanen madu dari lebah ini para petani madu harus melintasi medan yang sulit. Hanya ada satu jalur yang bisa dilalui pejalan kaki. Setiap orang harus berhati-hati saat melintas karena kalau salah langkah akan berakibat fatal.

Bagian sarang lebah di dekat puncak bahkan hanya bisa diakses dengan menggunakan tali dari atas tebing. Ini pekerjaan yang sulit, tapi harus dilakukan untuk melindungi lebah. Karena jika tidak diambil maka madu lebah ini akan jadi incaran beruang yang berpotensi merusak habitat para lebah.

Karena penampilan dan lokasinya yang unik, dinding sarang lebah ini juga menjadi populer di kalangan wisatawan. Jika wisatawan datang saat masa panen madu maka bisa menjadikan madu ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.



Simak Video "Kuliner Unik Polewali Mandar: Pepes Sarang Lebah dan Gogos"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com