Kafe di Blitar Bikin Gelato yang Creamy Lembut dari Susu Sapi Lokal

Devi Setya - detikFood Minggu, 22 Agu 2021 11:00 WIB
Kafe di Blitar Bikin Gelato yang Creamy Lembut dari Susu Sapi Lokal Foto: youtube Pecah Telur / instagram @declasse
Jakarta -

Gelato biasanya dibuat dengan susu premium impor, namun sebuah kafe di Blitar bisa mengolah susu sapi lokal jadi gelato lezat. Rasanya mirip gelato Italia!

Beberapa makanan barat memang sudah akrab di lidah orang Indonesia. Namun tak banyak yang diolah menggunakan produk lokal asli Indonesia.

Kebanyakan pebisnis kuliner membangun kafe kekinian dengan konsep makanan barat di kota besar. Tapi berbeda dengan Agus, pria asli Blitar ini berani membangun kafe kekinian di kampung halamannya.

Lewat youtube channel Pecah Telur (5/8) Agus menceritakan pengalamannya saat 'nekat' membuka kafe di Blitar. Kafe bernama 'D Classe' ini sekarang sudah punya nama dan terkenal di kalangan anak muda Blitar.

Kafe di Blitar Bikin Gelato yang Creamy Lembut dari Susu Sapi LokalKafe di Blitar Bikin Gelato yang Creamy Lembut dari Susu Sapi Lokal Foto: youtube Pecah Telur / instagram @declasse

Dibuka tahun 2016, Agus mendirikan kafe ini karena ia dan keluarganya hobi makan namun tak bisa menemukan kafe cozy di Blitar. Dengan modal nekat, Agus pun mendirikan kafe ini. Sambil terus belajar, Agus berusaha menyajikan makanan enak dan berkualitas, termasuk salah satunya gelato.

Diakui Agus, agak sulit memperkenalkan gelato di Blitar. Masyarakat belum banyak yang tahu soal es krim ala Italia ini.

"Kendala besar itu memperkenalkan gelato di masyarakat lokal. Gelato itu di Indonesia tidak familiar, lebih gila lagi di Blitar. Orang-orang pada tanya gelato, apa itu gelato, sama nggak sama gelatin, haram itu," kata Agus.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, masyarakat mengira gelato sama dengan gelatin yang biasanya terbuat dari tulang babi. Padahal gelato dan gelatin dua hal yang berbeda.

Tak mau asal menjalankan bisnis kuliner, Agus dan anaknya, Dana, bahkan melakukan survei langsung ke Italia demi mencicipi gelato aslibdi negara tersebut.

"Kita harus punya guide book dulu. Oh begini rasa gelato asli, oh seperti ini teksturnya. Kita keliling Milan buat coba gelato. Tapi justru gelato enak kita temukan di desa, di pelosok Italia. Jadi memang kalau mau merasakan kuliner autentik ya harus ke tempat asalnya," beber Agus

Setelah punya 'patokan' gelato yang enak, Agus kemudian mencoba membuat es krim premium ini dengan mengandalkan susu sapi lokal. Meskipun tidak mudah tapi Agus yakin bisa menghasilkan gelato lezat.

Kafe di Blitar Bikin Gelato yang Creamy Lembut dari Susu Sapi LokalKafe di Blitar Bikin Gelato yang Creamy Lembut dari Susu Sapi Lokal Foto: youtube Pecah Telur / instagram @declasse

"Bikin gelato dengan raw material lokal. Cita rasa dan kualitas Italia tapi bahan bakunya lokal. Kita pakai susu lokal, tanpa tambahan pewarna dan perasa artifisial. Warna hijau dari spirulina, ungu dari buah naga campur charcoal, merah dari buah bit, seperti itu," beber Agus.

Dua tahun menjalani bisnis ini, di Blitar mulai menjamur kafe serupa yang juga menghadirkan menu gelato. Agus dan anaknya sama sekali tak takut menghadapi pesaing. Mereka justru senang karena konsumen bisa menentukan dan memilih gelato yang rasanya lebih enak.

"Ibarat wanita cantik, kan nggak terlihat cantik kalau tidak ada yang jelek. Ya maksudnya akan ada pembanding, mana yang enak dan mana yang nggak enak," ujar Agus.

Bukan hanya mengolah jadi gelato, susu sapi lokal juga diracik menjadi minuman dan aneka makanan. Latar belakang pendidikan Agus dan Dana sebagai dokter hewan menjadikan ayah anak ini banyak tahu bagaimana menangani susu segar.


Selain gelato, kafe milik Agus ini juga menghadirkan menu kopi lokal hingga pizza ala Italia yang dibakar menggunakan kayu bakar.

Salah satu pelanggan De Classe pun ikut berkomentar dan mengatakan kalau gelato di sini punya rasa mirip dengan gelato di Milan, Italia.

"Gelato di DeClasse memang kelasnya berbeda sendiri. Pernah makan gelato di Milan, nah di DeClasse ini rasanya persis banget kaya yang di Milan," kata pelanggannya.



Simak Video "Menjajal Kelezatan Gelato 'Sultan' Ala Venchi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com