Nasi Rames Nusantara

5 Nasi Rames Nusantara Paling Juara di Sumatera, Nasi Kentut hingga Nasi Dagang

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 21 Agu 2021 14:00 WIB
nasi dagang khas malaysia Foto: Instagram
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara

3. Nasi Kabaka

Olahan Nasi Khas SumateraOlahan Nasi Khas Sumatera Foto: Instagram

Di Sumatera Barat, yang terkenal mungkin nasi kapau dan nasi Padangnya. Tapi ternyata banyak olahan nasi enak yang berasal dari sini. Salah satunya nasi kabaka khas kota Padang Panjang.

Nasi kabaka ini memiliki arti 'nasi bekal', banyak ditemukan di warung makan khusus yang menjual olahan nasi ini. Porsinya cukup besar, dengan nasi melimpah. Lauknya sengaja dibenamkan ke dalam nasi. Pilihannya ada telor, ikan, ayam, rendang dan dendeng. Nasi bungkus ini bisa tahan hingga 10 jam.

Tentunya rasa dari nasi kabaka ini berbeda jauh dari nasi Padang atau nasi kapau. Meski semuanya sama-sama enak, tapi nasi kabaka yang memiliki masa simpan yang lebih lama, membuat menu ini cocok untuk dijadikan bekal saat perjalanan jauh.

4. Nasi Gemuk

Resep Nasi Lemak MalaysiaIlustrasi Gambaran Nasi Gemuk. Foto: iStock

Di Jambi ada olahan nasi gemuk yang digemari banyak orang. Biasanya disantap saat sarapan, hidangan nasi ini ini mirip seperti nasi uduk. Bahan utamanya antara lain beras, santan, daun salam, daun pandan, dan daun jeruk.

Nasi gurih ini biasanya disajikan dengan kari ayam atau kari sapi, irisan telur dadar, hingga teri kacang. Rasanya familiar seperti nasi lemak yang ada di Malaysia dan Singapura. Selain pilihan lauk yang cukup legkap, tambahan bawang goreng, sambal merah, irisan mentimun, kerupuk hingga kacang tanah menjadi kunci dari kelezatan nasi rames ini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com