Nasi Rames Nusantara

5 Nasi Rames Nusantara Paling Juara di Sumatera, Nasi Kentut hingga Nasi Dagang

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 21 Agu 2021 14:00 WIB
nasi dagang khas malaysia Foto: Instagram
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara
Jakarta -

Beragam nasi rames khas Nusantara bisa ditemukan di sepanjang wilayah yang ada di Sumatera. Mulai dari nasi dagang khas Riau, sampai nasi kentut dari Medan.

Membicarakan nasi rames di Indonesia, tentu tidak ada habisnya. Karena hampir setiap daerah hingga wilayah memiliki racikan nasi rames enak yang berbeda.

Meskipun racikannya sama, nasi dengan aneka lauk pauk, sayuran, sambal hingga tambahan pelengkap lainnya seperti kerupuk atau bawang goreng.

Di Sumatera ada beberapa hidangan nasi rames yang menarik untuk dicoba, terutama bagi penggemar makanan tradisional. Olahan nasi dengan ramesan lauk serta sayur dan bumbu kaya rempah, jadi nilai tambah tersendiri untuk sajian-sajian ini.

Berikut lima nasi rames Nusantara dari Sumatera yang tak kalah enak dari nasi rames lainnya.

Baca Juga: Nasi Tumpeng Perlambang Syukur dan Kesejahteraan

1. Nasi Kentut

Olahan Nasi Khas SumateraIlustrasi Nasi Kentut Foto: Instagram

Medan memang juara bertahan untuk masalah kuliner nasi rames. Di kota yang satu ini ada beragam hidangan nasi rames yang populer sejak dulu. Mulai dari nasi sayur khas Medan, nasi kari, nasi campur, sampai nasi kentut.

Nama nasi kentut mungkin terdengar nyeleneh dan aneh. Tapi hidangan yang satu ini sebenarnya diambil dari nama daun kentut yang tubuh di sekitar Sumatera. Berbeda seperti nasi jamblang khas Cirebon, yang dibungkus dengan daun jati.

Kalau nasi kentut ini menggunakan olahan daun kentut yang dicampur ke nasi, kemudian dibungkus dengan daun pisang sebelum dibakar. Setelah nasi matang, kemudian disajikan dengan ayam goreng, bihun medan, rendang Medan, orek tempe dan masih banyak lagi.

2. Nasi Dagang

nasi dagang khas malaysianasi dagang Foto: Instagram

Banyak yang menyangka bahwa nama nasi dagang hanya populer di Malaysia saja. Padahal, nasi dagang ini jadi hidangan nasi rames khas Riau yang gurihnya bikin kangen banyak orang.

Disebut sebagai nasi uduk versi Riau, nasi dagang menggunakan olahan santan agar rasa nasinya menjadi gurih. Ciri khas lain dari nasi dagang terletak pada lauk kari ikan yang gurih kental.

Nasi rames ini cukup populer sebagai menu sarapan. Umumnya menggunakan lauk ikan bilis, ikan tamban, ikan tongkol lengkap dengan telur ayam dan lauk lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara
FOKUS BERITA Nasi Rames Nusantara

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com