5 Manfaat Tanaman Porang yang Disebut Presiden Jokowi Bisa Jadi Komoditi Ekspor

Devi Setya - detikFood Jumat, 20 Agu 2021 16:30 WIB
5 Manfaat Tanaman Porang yang Disebut Presiden Jokowi Bisa Jadi Komoditi Ekspor Foto: Getty Images/iStockphoto/airdone
Jakarta -

Popularitas porang belakangan ini memang sedang meningkat. Bahkan Presiden Jokowi baru saja menyebut porang sebagai komoditi ekspor andalan baru dari Indonesia.

Porang atau dalam nama latinnya Amorphophallus muelleri merupakan tanaman herbal penghasil umbi. Tanaman ini banyak tumbuh di hutan tropis, salah satunya di Indonesia.

Permintaan porang yang melonjak di pasaran bukan tanpa alasan, tanaman ini mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Banyak orang berlomba-lomba menanam porang agar bisa meraup keuntungan.

"Pernah dengar soal tanaman porang? Sejenis umbi-umbian yang biasa diolah menjadi beras, shirataki, campuran produk kue, sampai kosmetik?," tulis Jokowi dalam caption fotonya (20/8).

5 Manfaat Tanaman Porang yang Disebut Presiden Jokowi Bisa Jadi Komoditi Ekspor5 Manfaat Tanaman Porang yang Disebut Presiden Jokowi Bisa Jadi Komoditi Ekspor Foto: instagram @jokowi

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menyebutkan tanaman ini bakal jadi komoditas ekspor andalan baru dari Indonesia jika kita serius menggarapnya. Dan itulah yang saya pesankan kepada Menteri Pertanian, tadi ketika saya berkunjung ke pabrik pengolahan porang milik PT Asia Prima Konjac di Madiun, Jawa Timur.

Porang merupakan komoditas baru yang dapat memberikan nilai tambah yang baik tidak hanya bagi perusahaan pengolah porang tetapi juga kepada para petani porang.

"Ke depan, saya berharap, porang dapat diekspor tidak hanya dalam bentuk mentah dan barang setengah jadi, namun sudah dalam bentuk beras porang," kata Jokowi.

Porang memang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh serta mudah diolah untuk dijadikan bahan pangan. Porang juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan kosmetik.

Berikut beberapa manfaat dari porang:

1. Jadi makanan diet


Porang mengandung serat yang tinggi sehingga bisa diandalkan sebagai pilihan makanan diet. Di dalam porang terkandung glukomanan yang ketika diolah menjadi makanan, nutrisi ini berfungsi sebagai pengental alami.

Mirip seperti agar-agar, serat dalam porang membantu melancarkan sistem pencernaan. Porang juga membuat perut terasa kenyang sehingga orang yang diet tak perlu mengasup banyak makanan.

Dilansir dari Healthline (20/8) tercatat dalam Journal of The American College of Nutrition, kandungan glukomanan bisa menurunkan berat badan karena bekerja dengan mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Tentu saat makan porang harus disertai dengan asupan nutrisi lain seperti sumber protein, vitamin dan mineral.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menjajal Es Dawet Telasih Legendaris Favorit Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com