Keren Banget! Chef Indonesia Ini Sukses Buat Macaron Rasa Sate hingga Indomie

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 20 Agu 2021 11:30 WIB
Keren Banget! Chef Indonesia Ini Sukses Buat Macaron Rasa Sate hingga Indomie Foto: Instagram @awi_wu
Jakarta -

Sukses berkarir sebagai pastry chef di Australia,chef asal Indonesia ini buat kreasi unik macaron. Ia membuat macarons rasa sate hingga Indomie yang hits abis.

Nama Gunawan Wu, mungkin tidak sepopuler chef selebriti lainnya di Indonesia. Namun chef asal Indonesia yang kini menetap di Australia, cukup terkenal di mancanegara karena kreasi kue dan pastrynya yang unik, serta memberikan sentuhan makanan tradisional.

Baca Juga: Nyleneh! Macaron Ini Dibuat dengan Bentuk Wajah Bayi

Dilansir dari SAYS (18/08), Chef Wu, lahir di Indonesia kemudian pindah ke Australia untuk mengejar mimpinya sebagai chef pastry. Kini ia bekerja sebagai konsultan khusus chef pastry, sekaligus pengajar di salah satu sekolah memasak terkenal di Australia.

Keren Banget! Chef Indonesia Ini Sukses Buat Macaron Rasa Sate hingga IndomieKeren Banget! Chef Indonesia Ini Sukses Buat Macaron Rasa Sate hingga Indomie Foto: Instagram @awi_wu

Tak hanya itu, Chef Wu bahkan berhasil dilirik menjadi brand ambassador untuk Nestle Professional Australia Chocolate dan Lakanto Monkfruit Sweetener.

Di balik pencapaiannya yang memukau. Chef Wu kembali disorot karena kreasi macaronsnya yang unik. Kue penuh warna khas Prancis ini, berhasil diolahnya menjadi hidangan dessert yang abru.

"Ketika saya pertama kali memulai karir sebagai chef pastry di Australia pada tahun 2013. Saya mendengar banyak orang yang complain karena rasa macarons yang terlalu manis," tuturnya.

"Kemudian saya berpikir tentang hidangan China, di mana ada rasa manis dan gurih di dalam setiap suapan. Jadi rasa mengapa saya tidak membuat hal yang sama dengan macaron?" sambung Chef Wu.

Meski awalnya sempat kesulitan menyeimbangkan antara rasa manis dan gurih dari macarons. Tapi Chef Wu mulai bereksperimen dengan menambahkan rasa Indomie goreng yang paling populer di Indonesia ke dalam macaronsnya.

Keren Banget! Chef Indonesia Ini Sukses Buat Macaron Rasa Sate hingga IndomieKeren Banget! Chef Indonesia Ini Sukses Buat Macaron Rasa Sate hingga Indomie Foto: Instagram @awi_wu

Tak lupa ia menciptakan kreasi lain seperti macaron rasa ayam goreng, macaron rasa kecap asin dari Kikkoman sampai macarons dengan tambahan abon babi.

Ia juga membuat kreasi macaron yang dipadukan dengan rasa sate dan bumbu kacangnya yang cocok dengan rasa manis gurih yang diinginkannya.

"Saya tumbuh besar dengan makanan-makanan ini. Tentunya lebih mudah bagi saya untuk membayangkan rasa dari makanan-makanan ini jika diolah menjadi macarons," pungkas Chef Wu dengan bangga.

Selain masakan Indonesia, Chef Wu juga pernah memenangkan kejuaraan Dilmah High Tea Competition dengan kreasi macaron rasa tom yumnya.

Kini semua kreasi macaronnya yang unik selalu ludes terjual dalam hitungan jam. Banyak orang Australia yang penasaran dan langsung membeli macaron di tempatnya.

"Saya sering melakukan penggalangan dana dengan menjual macarons. Semuanya habis terjual dalam waktu singkat. Banyak orang yang bertanya kapan saya akan membuka toko kue sendiri," pungkasnya.

Kini Chef Wu terus bereksperimen dengan mengolah macaron dengan rasa yang unik dan berbeda. Setelah macaron Indomie buatannya menjadi salah satu macaron dengan penjualan tertinggi yang pernah dibuatnya.

Baca Juga: Unik! Macarons Ini Punya Sensasi Gurih dengan Bubuk Rasa Cheetos



Simak Video "Masak Masak: Resep Choco Puff Gemas Ada Beruangnya"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com