Hidden Gems

Letaknya Ngumpet, 5 Bakso Enak Ini Tetap Laris Manis Diburu Pembeli

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 20 Agu 2021 15:00 WIB
bakso kikil pak jaka yang berada di Suryakencana, Bogor.
Foto: detikFood/Zahrah Zayyan Layalia

2. Bakso Sapi Paino

5 Tempat Jajan Bakso dengan Limpahan Tetelan yang Nampol Bakso dengan Limpahan Tetelan yang Nampol Foto: detikfood/Instagram

Kalau sedang berada di Semarang, wajib nih coba jajan bakso buatan Bakso Paino yang sudah berjualan sejak tahun 1982. Bakso Paino ini termasuk ke dalam jajanan legendaris yang cukup digemari warga Semarang sejak dulu.

Meski letaknya di Jalan Seroja Barat, tapi warung tenda milik Paino ini cukup tersembunyi karena terhalang bangunan gedung Mall Matahari di Simpang 5. Di sini menu baksonya komplet dan rasa enaknya konsisten sejak dulu.

Dengan kisaran harga Rp 20.000 per mangkok, sudah bisa makan bakso komplet, pakai irisan iso, tulang muda, babat hingga bawang goreng.

3. Bakso 99 Setia Kawan

Bakso Kameumeut : Segarnya Bakso Isian Kuping dan Cingur SapiBakso Kameumeut : Segarnya Bakso Isian Kuping dan Cingur Sapi Foto: detikfood/Riska Fitria

Balik lagi ke Bogor, selain di Bakso Lesehan Teh Ugi. Ada juga Bakso 99 Setia Kawan yang letaknya ngumpet dan tersembunyi di dalam pasar yang ada di wilayah Parung, Bogor.

Tempat makan bakso ini sudah buka sejak puluhan tahun. Setiap harinya Bakso 99 ini bisa menghabiskan lebih dari 50 kg adonan daging sapi yang selalu ludes terjual dalam hitugan jam.

Dengan kisaran harga Rp 14.000, sudah bisa makan puas dengan bakso urat, bakso kecil, tetelannya yang kenyal gurih. Lengkap dengan kuah kaldu yang berminyak dari tetelannya yang royal.

4. Bakso Ngumpet

Sedih! Tak Punya Uang, Pasangan Ini Makan Bakso Sepiring BerduaBakso. Foto: detikFood

Jadi incaran favorit para YouTube dan food vlogger, karena lokasi tempatnya yang cukup terpencil. Ada kedai Bakso Ngumpet, di daerah Duren Seribu, Depok. Untik bisa sampai ke sini, pengunjung harus melalui kebun-kebun dan pohon bambu yang lebat.

Kedai baksonya juga sederhana, lebih mirip seperti saung. Tapi semua perjuangan itu terbayarkan dengan pemandangan sawah, dan tentunya cita rasa bakso yang juara.

Baksonya enak lengkap dengan potongan daging, tomat hingga mie kuning yang mirip seperti sotomie. Tekstur baksonya juga lebih pekat, dengan bakso urat yang berasa. Kisaran harganya sekitar Rp 16.000 saja.