Bikin Ilmuwan Bingung, Makanan India Ini Terbuat dari Umbi Misterius

Devi Setya - detikFood Kamis, 19 Agu 2021 15:30 WIB
Bikin Ilmuwan Bingung, Makanan India Ini Terbuat dari Umbi Misterius Foto: Odditty Central
Jakarta -

Keripik umbi biasanya dibuat dari singkong, kentang atau ubi jalar. Berbeda dengan camilan umbi asal India yang disebut-sebut berasal dari umbi misterius.

Masyarakat India menyebut keripik umbi ini sebagai Ram Kand Mool. Namun banyak yang tidak tahu jenis umbi ini, bahkan para peneliti pun kerap kebingungan dengan jenis umbi yang dipakai.

Dilansir dari Oddity Central (14/8) umbi berbentuk drum ini banyak dijual sebagai camilan lezat di sudut-sudut jalan India. Ahli botani India dikabarkan sudah mengenalkan ram kand mool pada 1980-an. Namun sampai saat ini tidak dapat dijelaskan varietas umbi yang digunakan.

Bikin Ilmuwan Bingung, Makanan India Ini Terbuat dari Umbi MisteriusBikin Ilmuwan Bingung, Makanan India Ini Terbuat dari Umbi Misterius Foto: Odditty Central

Para pedagang camilan ini juga bahkan kerap tak tahu asal usul umbi yang digunakannya. Beberapa orang mengklaim bahwa itu adalah akar, sementara sebagian orang lain menyebut itu adalah batang tanaman. Yang lebih aneh lagi adalah fakta bahwa bahkan sains pun tidak dapat memberikan jawaban yang jelas soal umbi ini.

Ram Kand Mool diolah dengan segala macam bumbu, dari cabai, garam, hingga jeruk nipis dan gula. Umbi ini dipotong dan disajikan sebagai irisan yang sangat tipis. Bentuk asli umbi ini dilaporkan dapat mencapai berat hingga 300 kilogram.

Seorang ahli etnobotani Dr. Koppula Hemadri mulai berkeliling India untuk memecahkan teka-teki ram kand mool. Pencariannya ini membuktikan bahwa ram kand mool adalah tumbuhan jenis agave.

Lain lagi dengan ahli botani Dr. Ali Moulali yang mencoba membeli ram kand mool seharga Rs1.000-2.000 (Rp 193 ribu - Rp 387 ribu) untuk meneliti umbi ini. Pria itu mengatakan bahwa umbi itu adalah Kitta Nara, nama yang digunakan untuk menggambarkan serat agave. Menariknya, dia mengatakan kalau ram kand mool bukanlah umbi melainkan tumbuhan yang tumbuh di atas tanah.

Agave sebenarnya adalah jenis tanaman yang mengandung alkaloid, sehingga beracun jika dimakan dalam jumlah besar. Itulah sebabnya penjual hanya menjualnya dalam irisan tipis.

Pada tahun 2011, sebuah penelitian mengungkap sumber ram kand mool adalah Agave Sisalana, salah satu dari beberapa spesies agave. Bagian daunnya berbentuk batang besar seperti umbi putih yang mirip dengan yang dijual oleh pedagang kaki lima. Sebuah makalah tentang temuan signifikan ini diterbitkan dalam jurnal Current Science pada tahun 2011.

Bikin Ilmuwan Bingung, Makanan India Ini Terbuat dari Umbi MisteriusBikin Ilmuwan Bingung, Makanan India Ini Terbuat dari Umbi Misterius Foto: Odditty Central

Wikipedia menjelaskan akar semak Maerua oblongifolia sebagai sumber makanan ringan ram kand mool. Merahasiakan sumber ram kand mool adalah karakteristik utama bisnis ini, seluruh penjual seolah kompak merahasiakan sumber makanan ini.

Sampai saat ini belum dapat dipastikan sumber dari camilan ram kand mool. Hal inilah yang membuat banyak orang penasaran lalu membeli jajanan ini, salah satu strategi marketing.



Simak Video "Bikin Laper: Pedas Menggugah Dori Sambal Matah"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com