Bantal Isi Beras Jadi Hadiah Unik di Jepang untuk Sambut Bayi Baru Lahir

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 18 Agu 2021 15:00 WIB
Bantal Isi Beras Jadi Hadiah Unik di Jepang untuk Sambut Bayi Baru Lahir Foto: Oddity/Site
Jakarta -

Orang Jepang punya cara unik sambut bayi baru lahir. Mereka mengirimkan beras dalam bentuk bantal yang dilengkapi dengan foto bayi.

Masih kental dengan budaya tradisionalnya, Jepang punya banyak tradisi unik seputar tradisi mengirimkan beras seperti negara Asia lainnya.

Baca Juga: Fakta dan Mitos Air Tajin, Air Rebusan Beras yang Bisa Bikin Bayi Gendut


Dilansir dari Oddity Central (16/08), baru-baru ini muncul tren terbaru 'rice babies' atau bayi beras yang jadi hadiah unik yang diberikan para orangtua di Jepang.

Dikenal juga dengan sebutan nama 'Dakigochi'. Bantal beras ini menjadi cara baru untuk memperkenalkan anak yang baru lahir di era pandemi.

Kebanyakan orangtua yang baru saja melahirkan buah hati mereka, membuat bantal beras berisi foto sang bayi untuk dikirim ke keluarga dan kerabat terdekat.

Tujuannya agar keluarga dan kerabat tahu bahwa buah hati mereka sudah lahir. Namun karena pandemi di Jepang masih berlangsung, jadi para orangtua mengirimkan beras bentuk bayi ini sebagai ganti karena saudara dan kerabat mereka tak bisa menjenguk sang bayi secara langsung.

Bantal Isi Beras Jadi Hadiah Unik di Jepang untuk Sambut Bayi Baru LahirBantal Isi Beras Jadi Hadiah Unik di Jepang untuk Sambut Bayi Baru Lahir Foto: Oddity/Site

Hal ini merupakan bagian dari tradisi di Jepang yang sudah ada sejak turun temurun. Setiap kali pasangan di Jepang melahirkan seorang anak, para kerabat dan saudara akan datang berkunjung untuk menyambut kehadiran anggota keluarga baru ini.

Kini unuk menyiasatinya tren 'rice babies' ini semakin terdepan. Di mana salah satu toko di Kota Kitakyushu, pertama kali yang memiliki ide untuk membuat replika bayi dari beras, sebagai bentuk hadiah sambutan untuk kelahiran mereka.

Uniknya lagi, setiap ukuran 'rice babies' ini berbeda. Para penjual rice babies, mengukur panjang hingga berat badan dari data bayi yang diberikang orangtua pemesan.

Sebenarnya tren 'rice babies' ini sudah ada jauh sebelum pandemi. Orang Jepang menggunakan 'rice babies', agar saudara hingga kerabat yang tinggal jauh bisa mengetahui bentuk asli dari bayi yang baru saja lahir.

Bantal Isi Beras Jadi Hadiah Unik di Jepang untuk Sambut Bayi Baru LahirBantal Isi Beras Jadi Hadiah Unik di Jepang untuk Sambut Bayi Baru Lahir Foto: Oddity/Site

Seperti Naruo Ono, pemilik toko beras Kome no Zoto Yoshimiya. Ide membuat 'rice babies' ini pertama kali datang sekitar 14 tahun yang lalu, ketika sang putra lahir dan ia mulai mengirimkan bantal beras ini untuk saudara-saudaranya.

Dari sana lah banyak orang yang tertarik untuk memesan bantal beras dengan muka bayi di Naruo. Bahkan pembelinya meningkat, dan banyak yang memesan di berbagai kota di Jepang.

"Saya selalu mengemas beras-beras ini dengan sangat hati-hati. Bahkan ukurannya dibuat sangat mirip seperti bayi aslinya," ungkap Nauro.

Untuk kisaran harga dari hadiah unik ini cukup beragam. Kebanyakan para penjual 'rice babies' mematok harga sekitar 3,500 yen (Rp 459.505) untuk 3,5 kg bantal beras lengkap dengan foto bayi.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Bubur Bayi agar Kandungan Gizinya Tak Berkurang



Simak Video "Bikin Laper: Kesegaran Sop Buah Duren Pak Ewok yang Terkenal Enak"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com