Fakta dan Mitos Air Tajin, Air Rebusan Beras yang Bisa Bikin Bayi Gendut

Devi Setya - detikFood Sabtu, 30 Mei 2020 07:00 WIB
air tajin Foto: istimewa
Jakarta -

Air tajin atau air rebusan beras sudah lama disebut-sebut sebagai makanan pendamping ASI. Banyak mitos bahkan menyebut kalau air tajin bisa bikin bayi gemuk dan sehat.

Air tajin pasti tidak lagi asing didengar oleh masyarakat Indonesia. Air rebusan beras ini disebut-sebut memiliki nutrisi yang banyak sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Air tajin diperoleh dari air rebusan beras yang dimasak hingga mengental. Air inilah yang kemudian diberikan pada bayi.

Banyak mitos yang berkembang soal air tajin. Ada yang menyebut air ini bisa jadi pengganti ASI, namun ada juga yang mengatakan air tajin bisa membuat bayi gemuk. Benarkah kabar ini?

Berikut detikFood rangkum dari berbagai sumber soal mitos dan fakta seputar air tajin.

1. Kandungan air tajin

air tajinair tajin Foto: istimewa


Air tajin untuk bayi terbuat dari rebusan beras. Air ini mengandung banyak nutrisi, karbohidrat dalam air tajin terbilang tinggi. Selain itu, air tajin juga mengandung mineral, protein, lemak, zat besi serta vitamin B1.

Nutrisi kompleks pada air tajin memang bagus untuk kesehatan dan bisa diterima oleh sistem metabolisme tubuh bayi. Tapi bukan berarti bisa mengonsumsi air tajin sebagai ganti asi. Pemberian air tajin untuk bayi setidaknya diberikan saat si kecil sudah berusia 8 bulan atau sistem pencernaan telah siap.

Baca juga : Skincare Alami, Air Cucian Beras yang Bisa Bikin Wajah Putih Cerah


2. Mencegah dehidrasi saat bayi diare
Bayi yang mengalami diare pasti akan diikuti dengan dehidrasi. Air tajin bisa menghindari bayi dari efek dehidrasi. Karena kandungan air tajin bisa membantu memenuhi kebutuhan air bayi.

Air tajin bisa diberikan setiap empat jam sekali dengan takaran sekitar 120 ml, sehingga dapat meredakan gejala diare. Kandungan glukosa polimer di dalam air tajin dapat mudah diserap oleh tubuh.

3. Sumber energi

air tajinair tajin Foto: istimewa


Bayi yang bergerak aktif akan lebih mudah merasa lelah. Air tajin bisa jadi salah satu solusi untuk menggantikan energi si kecil yang terbuang karena aktivitasnya.

Karbohidrat dalam air tajin membuat bayi bisa mendapatkan energi kembali. Nutrisi dalam air tajin juga mudah diserap oleh bayi. Air tajin juga ampuh mengobati panas dalam pada bayi karena mengandung berbagai vitamin.

4. Membuat bayi gemuk
Meskipun mengandung kalori, tetapi air tajin tidak dapat memenuhi kebutuhan harian kalori bayi sebanyak 550 hingga 725 kilo kalori. Orang banyak mengira kalau air tajin bisa bikin gemuk padahal ini hanyalah mitos belaka.

Anggapan yang mengatakan bahwa air tajin dapat menaikkan berat badan tentu saja hanya mitos. Bayi juga membutuhkan asupan nutrisi seperti protein dan lemak yang tidak terkandung dalam air tajin.

5. Menjaga kesehatan rambut dan kulit

air tajinair tajin Foto: istimewa


Air tajin mengandung vitamin B, seperti tiamin dan riboflavin. Kedua vitamin ini dikenal mengandung antioksidan yang tinggi. Air tajin dapat memperlancar sirkulasi darah pada sel-sel kulit.

Air tajin juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut. Sebuah penelitian menunjukkan kalau rice water atau air tajin bisa mengurangi gesekan permukaan rambut dan membantu menjaga elastisitas rambut. Air tajin juga biasa dijadikan masker rambut oleh orang dewasa.

Baca juga : Beras Artisan, Beras Berwarna Istimewa dan Mahal dari Jepang



Simak Video "Tak Hanya Bahan Pokok, Beras Jadi Suvenir di Italia"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)